Setiap orang yang ingin membuat Swordman pasti sudah memikirkan mau dibawa kemana job yang akan mereka jalani hingga level tertinggi. Saat ini terdapat 2 takdir yang dapat dipilih oleh setiap Swordman yaitu Defender atau Knight class. Lalu apa kelebihan dari masing2 takdir tersebut? Ayo baca terus serial dai artikel ini hingga selesai setelah itu anda bebas untuk memberikan pendapat berdasarkan artikel yang sudah diberikan.
Sebaiknya dimulai dari job paling dasar setelah anda berudah dari Novice agar penjelasanya lebih lengkap. Job ini memiliki kemampuan bertahan yang paling baik dibandingkan job 1 lainya. Didukung oleh HP dan Skill yang memadai untuk bertahan dan memberikn Damage yang besar membuat Swordman menjadi Front Line (pasukan garis depan) ketika berada di dalam grup. Biasanya mereka bertugas untuk mengumpulkan banyak monster yang tercecer di sekitar untuk dijadikan satu (MOB) agar lebih mudah diserang oleh grup.
Bonus Status
Setiap job akan mendapatkan bonus status tergantung dari job apa yang dipilih, bonus ini juga tergantung dari job level karakter. Bonus status ini akan hilang ketika Swordman berubah ke job selanjutnya (Defender atau Knight). Untuk Swordman bonusnya adalah STR +7, AGI +2, VIT +4, INT +0, DEX +3, LUK +2.
Skill Andalan
Mungkin keterangan skill dalam artikel ini tidak akan dibahas secara detail. Nanti akan ada artikel tersendiri untuk pembahasan yang lebih lengkap. Diharapkan pengertianya karena sumber daya dan waktu penulis yang terbatas jadi harus diputuskan seperti itu.
Skill Quest
Selain skill yang didapatkan dari berubah job, karakter juga bisa mendapatkan skill tambahan dari mengikuti Quest. Tentu saja skill tambahan ini sangat berguna untuk mendukung kemampuan karakter.
Apa saja job yang termasuk dalam kategori Swordman class? Karakter tersebut adalah Knight dan Defender (job 2), Lord Knight dan Paladin (transcendent), Rune Knight dan Royal Guard (job 3 tetapi di IdRO masuk dalam job 4). Mereka memiliki fungsi yang berbeda tergantung dari skill skill yang dipelajari.
Jika ada pertanyaan atau ingin memberikan kritik dan saran, silahkan tinggalkan komentar di artikel ini atau layangkan ke Fans Page yang sudah disediakan. Jika dirasakan informasi dari Blog ini bermanfaat, silahkan Subscribe via E-Mal yang sudah di sediakan pada form yang terdapat di atas artikel.
Happy RO ^^
Sebaiknya dimulai dari job paling dasar setelah anda berudah dari Novice agar penjelasanya lebih lengkap. Job ini memiliki kemampuan bertahan yang paling baik dibandingkan job 1 lainya. Didukung oleh HP dan Skill yang memadai untuk bertahan dan memberikn Damage yang besar membuat Swordman menjadi Front Line (pasukan garis depan) ketika berada di dalam grup. Biasanya mereka bertugas untuk mengumpulkan banyak monster yang tercecer di sekitar untuk dijadikan satu (MOB) agar lebih mudah diserang oleh grup.
Bonus Status
Setiap job akan mendapatkan bonus status tergantung dari job apa yang dipilih, bonus ini juga tergantung dari job level karakter. Bonus status ini akan hilang ketika Swordman berubah ke job selanjutnya (Defender atau Knight). Untuk Swordman bonusnya adalah STR +7, AGI +2, VIT +4, INT +0, DEX +3, LUK +2.
Skill Andalan
Mungkin keterangan skill dalam artikel ini tidak akan dibahas secara detail. Nanti akan ada artikel tersendiri untuk pembahasan yang lebih lengkap. Diharapkan pengertianya karena sumber daya dan waktu penulis yang terbatas jadi harus diputuskan seperti itu.
- Bash
Tipe: Aktif
Maksimum Level: 10
Skill Pre-Requirement: Tidak ada
Level Damage % Akurasi % Fatal Blow Stun % SP 1 130 +5 - 8 2 160 +10 - 8 3 190 +15 - 8 4 220 +20 - 8 5 250 +25 - 8 6 280 +30 5 15 7 310 +35 10 15 8 340 +40 15 15 9 370 +45 20 15 10 400 +50 25 15
Opini:
Memukul musuh dengan Damage yang besar dan Akurasi saat menggunakan skill (Damage +400% dan Akurasi +50% ketila level 10). Jika anda sudah mendapatkan skill Fatal Blow dari Quest, akan memberikan kemungkinan status Stun kepada musuh.
Jika sudah mempelajadi skill Fatal Blow, ketika menggunakan Bash level 6 keatas akan memiliki kemungkinan membuat musuh terkenan status Stun. Walaupun miss ettapi efeknya akan tetap bekerja. Kemungkinan terkena stun tergantung dari level skill Bash yaitu 25% (pada level 10).
Skill ini adalah andalan dari semua Swordman ketika baru memulai petualangan di dunia Ragnarok.
- Endure
Tipe: Buff diri sendiri
Maksimum Level: 10
Skill Pre-Requirement: Provoke level 5
Level Durasi MDEF SP 1 10 detik 1 10 2 13 detik 2 10 3 16 detik 3 10 4 19 detik 4 10 5 22 detik 5 10 6 25 detik 6 10 7 28 detik 7 10 8 31 detik 8 10 9 34 detik 9 10 10 37 detik 10 10
Opini:
Menyebabkan karakter tidak stuck (berhenti) saat menerima serangan (sampai 7 kali) dan meningkatkan MDEF. Ini adalah skill yang menurut saya penting tidak penting karena tidak memberikan efek status dan tidak memberikan Damage apapun. tetapi tunggu dulu, skill ini akan sangat berguna ketika anda melawan musuh yang memiliki serangan jarak jauh dan saat anda melakukan MOB (mengumpulkan banyak musuh). Sangat disarankan untuk menggunakan skill ini ketika anda sedang melakukan MOB.
Untuk karakter selain Swordman class, mereka tidak memiliki skill Endure sehingga ketika terkena serangan akan mengalami efek stuck (berhenti bergerak sesaat). Tetapi ketika skill ini aktif, penggunanya akan tidak akan berhenti atau stuck ketika diserang oleh musuh. Bahkan ketika duduk pun, karakter tidak akan berdiri ketika menerima serangan.
Bahkan ada MVP Card yang memiliki efek skill Endure yaitu Eddga Card (Memberikan efek skill Endure selamanya, MaxHP -25%, lokasi di Footgear). Ada juga Ransum yang bisa digunakan untuk memberikan efek skill Endure level 1 (10 detik) yaitu Anodyne yang bisa didapatkan dari monster (Pest, Beholder Master, Beholder, Noxious, Myst, Gullinbursti, Permeter).
Skill ini akan bertahan sampai 7 Hit ketila melawan monster (Hunting) jadi mana yang duluan, antara Durasi (detik) atau Hit monster. Tetapi ketika digunakan di ruang PVP (melawan karakter lain), tidak ada batasan Hit jadi hanya Durasi saja yang bisa membatalkanya.
Tidak bisa digunakan di Tubro Track, Aldebaran. Efek tidak stuck tidak akan dirasakan ketika WOE, tetapi masih mendapatkan efek MDEF.
- Increase HP Recovery
Tipe: Pasif
Maksimum Level: 10
Skill Pre-Requirement: Tidak ada
Level HP per 10 Detik Bonus % Ransum pemulihan HP 1 5+(0.2%*MaxHP) 110 2 10+(0.4%*MaxHP) 120 3 15+(0.6%*MaxHP) 130 4 20+(0.8%*MaxHP) 140 5 25+(1.0%*MaxHP) 150 6 30+(1.2%*MaxHP) 160 7 35+(1.4%*MaxHP) 170 8 40+(1.6%*MaxHP) 180 9 45+(1.8%*MaxHP) 190 10 50+(2.0%*MaxHP) 200
Opini:
Mengembalikan HP karakter yang berkurang ketika tidak bergerak dan meningkatkan efektifitas Ransum pemulihan HP. Untuk mengaktifkan skill ini, karakter anda harus dalam keadaan diam (berdiri) atau duduk. Jika berjalan atau menyerang musuh, maka efek skill tidak akan aktif.
Semakin banyak MaxHP yang anda miliki maka semakin besar HP Recovery yang akan diteima. Pada MaxHP sekitar 50000 maka anda akan mendapatkan HP Recovery sekitar 700 per 10 detik (durasi pengaktifan skill secara otomatis).
Gambaran efek skill ini adalah ketika anda menggunakan 1 White Potion, maka efektivitas pemulihan Ransum HP akan meningkat 100% (pada level 10). Jadi seakan2 anda menggunakan 2 White Potion padahal yang digunakan hanya 1. Apalagi jika karakter anda bertipe VIT (cth: VIT 100) maka akan meningkatkan efektifitas pemulihan Ransum HP sebesar 100%.
Jadi jika anda memiliki VIT 100, mempelajadi skill Increase HP Recovery level 10 maka 1 White Potion akan memberikan efek 3 White Potion dalam 1 kali penggunaan. Bayangkan saja jika ditambah dengan Buff atau equip yang memiliki efek meningkatkan efektivitas pemulihan Ransum HP maka akan lebih terasa lagi pemulihan HP yang dimiliki karakter.
- Magnum Break
Tipe: Aktif, Buff diri sendiri
Maksimum Level: 10
Skill Pre-Requirement: Bash level 5
Level Damage % Akurasi % HP Cost SP 1 120 110 20 30 2 140 120 20 30 3 160 130 19 30 4 180 140 19 30 5 200 150 18 30 6 220 160 18 30 7 240 170 17 30 8 260 180 17 30 9 280 190 16 30 10 300 200 16 30
Opini:
Pada skill level 10, skill ini akan memberikan Damage sebesar 300% dan bonus Akurasi sebesar 200%. Memberikan serangan kepada musuh dengan elemen Fire pada area 5x5 di sekitar karakter dan mendorong musuh mundur 2 kotak (efek memukul mundur musuh juga sangat berguna ketika melawan musuh yang berada di dalam skill Pneuma). Memberikan Damage tambahan 20% berelemen Fire selama 10 detik dan menggunakan sedikit HP (tidak akan membunuh karakter) ketika menggunakan skill.
Untuk melawan musuh dengan elemen Ghost, gunakan skill Magnum Break untuk memdapatkan bonus Damage elemen Fire-nya. Lalu seranglah musuh tersebut, salah satu kelebihan skill ini (damage yang diberikan tidak sebesar jika menggunakan Cursed Water) walaupun spele tetapi sangat efektif. Lebih efektif untuk melawan musuh berelemen Earth dan Undead tetapi sangat buruk untuk melawan musuh berelemen Fire juga, Water dan Holy.
Karena skill ini termasuk serangan area 5x5 jadi bisa digunakan untuk menyebarkan status negatif dari Card yang dipasang disenjata (cth: Savaeg Babe, Marine, Magnolia) dalam area serangan tersebut. Marine Sphere Card akan mengijinkan karakter dari job apapun untuk menggunakan skill Magnum Break level 3, lokasi di Accessory.
Efek memukul mundur musuh tidak berfungsi pada area WOE (kastil).
- Provoke
Tipe: Debuff ke musuh
Maksimum Level: 10
Skill Pre-Requirement: Tidak ada
Level Bonus ATK % Defense Debuff % Kemungkinan % SP 1 5 10 53 4 2 8 15 56 5 3 11 20 59 6 4 14 25 62 7 5 17 30 65 8 6 20 35 68 9 7 23 40 71 10 8 26 45 74 11 9 29 50 77 12 10 32 55 80 13
Opini:
Meningkatkan peresentase ATK musuh dan mengurangi presentase (lebih besar) Defense musuh dalam durasi 30 detik pada saat yang bersamaan. Hati2 menggunakan skill ini kepada musuh bertipe AGI karena hanya keuntungan yang mereka dapatkan dan anda akan sedih dibuatnya.
Saya tidak yakin skill ini terdapat kemungkinan karena setiap menggurakan skill, efeknya selalu terasa (berhasil). Biasanya digunakan untuk mengumpulkan monster yang tidak agresif (cth: Poring, Lunatic, Drops) agar lebih mudah untuk MOB. Sebaiknya dalam situasi seperti itu, gunakan saja level 1 untuk menghemat penggunaan SP. Provoke level yang lebih tinggi hanya cocok digunakan ketika menghadapi musuh dengan VIT atau Defense yang besar.
- Sword Mastery
Tipe: Pasif
Maksimum Level: 10
Skill Pre-Requirement: Tidak ada
Level 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 ATK Bonus 4 8 12 16 20 24 28 32 36 40
Opini:
Meningkatkan ATK senjata Sword (pedang stau tangan) dan Dagger. Jika anda tidak menggunakan senjata jenis Sword dan Dagger atau berfikir untuk menggunakan Spear ketika berubah ke job berikutnya, tidak perlu mempelajadi skill ini kecuali sebagai syarat untuk skill tertentu.
- Two-Handed Sword Mastery
Tipe: Pasif
Maksimum Level: 10
Skill Pre-Requirement: Sword Mastery level 1
Level 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 ATK Bonus 4 8 12 16 20 24 28 32 36 40
Opini:
Meningkatkan ATK senjata Two-Handed Sword. Jika anda tidak menggunakan senjata jenis Two-handed Sword atau berfikir untuk menggunakan Spear ketika berubah ke job berikutnya, tidak perlu mempelajadi skill ini kecuali sebagai syarat untuk skill tertentu.
Skill Quest
Selain skill yang didapatkan dari berubah job, karakter juga bisa mendapatkan skill tambahan dari mengikuti Quest. Tentu saja skill tambahan ini sangat berguna untuk mendukung kemampuan karakter.
- Auto-Berserk
Tipe: Pasif
Maksimum Level: 1
Skill Pre-Requirement: Job level 30
Opini:
Sama seperti efek Provoke kepada musuh, hanya saja skill ini akan ditujukan kepada diri sendiri ketika HP sudah dibawah 25% (berwarna merah).
Caranya adalah temua NPC bernama Hoan yang terletak di dalam Tempat Pandai Besi Prontera. Sambil membawa barang yang dibutuhkan yaitu 35 Powder of Butterfly, 10 Horrendous Mouth, 10 Decayed Nail, 10 Honey. Skill ini akan tetan didapatkan walaupun anda tidak mengambilnya setelah karakter Rebirth.
- Fatal Blow
Tipe: Pasif
Maksimum Level: 1
Skill Pre-Requirement: Job level 25
Opini:
Memberikan efek Stun kepada musuh ketika menggunakan skill Bash (level 6 sampai 10).
Untuk mendapatkan skill ini anda harus berbicara pada NPC bernama Leo Von Fisch yang terletak di dalam Perkumpulan Knight Prontera dan membawa barang yang dibutuhkan yaitu 10 Fire Arrow, 10 Silver Arrow, 1 Banana Juice, 30 Tentacle, 5 Royal Jelly. Karena di server Fun and Chat harga Royal Jelly sangat mahal, disarankan untuk tidak mengambil skill ini karena skill ini akan didapatkan secara otomatis ketika karakter Rebirth.
- HP Recovery While Moving
Tipe: Pasif
Maksimum Level: 1
Skill Pre-Requirement: Job level 35
Opini:
Menyebabkan HP Recovery tetap berjalan ketika karakter bergerak (berjalan dan menyerang).
Mendapatkan skill ini sangat mudah. Silahkan bicara pada NPC yang bernama Swordman Ditomarso yang terletak dalam bangunan sebelah Timur kota Izlude dengan membawa barang yaitu 200 Empty Bottle, 1 Moth Wings. Skill ini akan tetan didapatkan walaupun anda tidak mengambilnya setelah karakter Rebirth.
Apa saja job yang termasuk dalam kategori Swordman class? Karakter tersebut adalah Knight dan Defender (job 2), Lord Knight dan Paladin (transcendent), Rune Knight dan Royal Guard (job 3 tetapi di IdRO masuk dalam job 4). Mereka memiliki fungsi yang berbeda tergantung dari skill skill yang dipelajari.
Jika ada pertanyaan atau ingin memberikan kritik dan saran, silahkan tinggalkan komentar di artikel ini atau layangkan ke Fans Page yang sudah disediakan. Jika dirasakan informasi dari Blog ini bermanfaat, silahkan Subscribe via E-Mal yang sudah di sediakan pada form yang terdapat di atas artikel.
Happy RO ^^
Sangat membantu bagi pemula seperti sya meskipun masi bingung soalnyankemrin hp recoveri berfungsi eh sekrng gak bisa bilangnya cannot recover hp, sp automatically hehe salam afif82
BalasHapusSaya mau tanya, kenapa ya swordman gw miss terus atk nya. Masih LV 14, Atk14, Agi14, Vit10, Int1, Dex6, Luck2?
BalasHapuslevel karakter kamu masih kecil, dex kurang banyak :)
Hapusmaksudnya karakter rebith apa ya ? ,dan dimana saja kita bisamendapatkan barang yang di butuhkan ? ,mohon di beritahu letak mendapatkan barang yang di butuhkan tersebut..
BalasHapus