Langsung ke konten utama

Diary RO by Bunga Teratai, FnC

Artikel ini sangat panjang karena jika diingat dari mulai main Ragnarok Online hingga saat ini. Sepertinya lucu juga, karena pahit manis main game sudah banyak sekali yang dirasakan. Mulai dari yang umum seperti tidak mengerti bagaimana cara bermain, salah status, salah skill, main 4 jam tetapi cuma naik 9 level (dari level 1 sampai level 10), di-Hack, trus ketemuan sengan teman yang berbeda server (tidak akan ketemu).

Hingga yang ilegal seperti membeli zenny (dulu harganya masih Rp.10000 per juta zenny), membeli barang game dengan RP, menggunakan jasa joki level, Speed Hack sampai BOT.

Pembukaan
Saya mulai main RO dari tahun 2003 (tahun ketika baru masuk ke pasar Game Online Indonesia dan LYTO hanya memiliki 1 game yaitu Ragnarok Online saja) sampai tahun 2012 (semoga bisa bertahan sampai tahun2 berikutnya). Hampir semua server kecuali Iris sudah saya coba.

Jika mengingat masa lalu itu, sepertinya sangat berbeda dengan RO saat ini. Iya jelas berbeda, secara dulu kan main RO bayar (sekarang hanya di server THOR, sedangkan di server lain gratis). Sekarang ada Item Mall (IM) yang memudahkan pemain untuk mendapatkan barang kebutuhanya, sekarang equip bisa Drop sedangkan dulu tidak akan Drop kecuali di PVP Nightmare.

Iya sudahlah, tidak usah menbanding-bandingkan RO dulu dengan yang sekarang. Pokoknya RO adalah game terbaik yang pernah dibuat di dunia ini. Mungkin karena alasan itulah banyak yang membuat Private Server Ragnarok Online.

Pada kesempatan kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya selama bermain Ragnarok Online. Yang namanya suka pasti ada duka, itu pun saya akan ceritakan pada artikel ini.

Alasan Mulai Main
Mungkin ini sangat menarik karena awal main itu bukan karena tertarik dengan gamenya, tetapi karena ada saudara saya yang ngaku-ngaku sudah memiliki karakter level 99, tepatnya Assassin. Mendengar pernyataanya, saya langsung panas, secara masih labil (usia SMA kelas 1) jadi memutuskan untuk mencoba main.

Ternyata saudara saya itu bohong, dia tidak memiliki karakter Assassin level 99, bahkan main RO saja tidak pernah.

Padahal dulu, saya sudah memutuskan untuk tidak terlibat dengan Game Online, karena waktu SMP saya sempat kecanduan main game sampai nilai-nilai di sekolah hancur lebur. Waktu itu masih jamanya main game Nexia: The Kingdom Of The Wind. Saya pun masih menyimpan Vouchernya.

Pahitnya Main Di Warnet
Lanjutlagi ke Ragnarok Online, saya main di Warnet karena dulu tidak mengerti Install dan segala macam (gaptek). Jadi saya main di Warnet yang terletak di Bintaro sektor 5. Sedangkan rumah saya di Rempoa. Menuju kesana dengan menaiki sepeda dan memakan waktu sekitar 30 menit. Bolak balik jadi dapat menghabiskan waktu 1 jam.

Karena alasan pergi untuk main, jadi rasa lelah itu tidak terasa (dengan catatan bisa main). Tetapi sedihnya, belum tentu saya bisa mendapat kesempatan untuk main, karena selain warnetnya antri (masih jarang ada warnet), waktu main saya hanya sampai jam 5 sore sedangkan berangkat saja jam 3 sore. Jadi sisa waktu yang tersisa untuk main hanya 1 jam, kalau sampai jam 4 belum mendapat giliran, jelas pulang dengan tangan hampa (sedih donk gw).

Ketika main di hari minggu, pagi-pagi sudah berangkat ke warnet di Bintaro itu dengan harapan bisa main ketika warnet masih kosong. Ketika sampai memang masih kosong, kosong banget sampai penjaga warnetnya juga belum datang (masih tutup ternyata). Jelas kecewa, saya pun pungan dengan perasaan sedih. Tetapi pada hari yang sama saya memutuskan kembali setelah 1 jam sampai di rumah dengan harapan warnet sudah buka dan yang main masih sedikit, jadi bisa main.

TETAPI... setelah sampai, warnetnya sudah penuh, sudah antri sampai 1 jam, masih belum dapat main juga.

Akhirnya Bisa Main
Beberapa hari kemudia akhirnya saya bisa main, hati ini terasa sangat BAHAGIA. Semua jerih payah untuk main RO terbayar sudah. Saya berhasil Daftar Baru dengan menghabiskan waktu sekitar 30 menit (dipandu oleh penjaga warnetnya). Setelah itu mulai main RO, tidak lupa nge-Patch dulu (lumayan lama).

Seperti biasa, saya Login lalu membuat karakter. Tidak mengerti apa itu STR, AGI, VIT, INT, DEX dan LUK. Iya sudah semuanya diratakan 5 saja. Job yang dipilih adalah Swordman karena sebelumnya saya main sebagai Warrior di game Nexia. Tidak mengerti bagaimana hunt yang baik, jadi selama 4 jam (akumulasi waktu selama beberapa hari) saya hanya bisa sampai level 10.

Pernah di-Hack Juga
Ini adalah pengalaman pahit yang pernah saya rasakan. Pada awal main, saya memang agak ceroboh dalam menjaga data pribadi, jadi saya sempat memberitahukan ID dan Password kepada teman les private. Nah tidak lama setelah saya beritahu, equip dan zenny karakter habis semua.

Padahal mencari equip saat pertama kali main itu sangat sulit. Walaupun equip yang di-Hack adalah Two-handed Sword, Manteau, Helm, Shield dan Full Plate yang dibeli di NPC. Tetap saya untuk seorang pemula, mengumpulkan zenny sebanyak itu sangat sulit. Ini saya alami saat main di sever Chaos.

Di-Hack bukan alasan saya untuk berhenti bermain, maklum mental saya tidak lemah. Karena di-Hack itu saya semakin semangat main. Walaupun pada akhirnya saya memutuskan untuk pindah ke server Loki. Karena teman2 saya banyak yang main di Loki.

Menghapus Karakter Gagal
Ada teman yang bilang karakter saya gagal, dia menyarankan agar saya buat karakter baru dengan status yang lebih baik. Saya pun menuruti saran dari teman, sampai berkali2 buat karakter gagal terus. ternyata saat ini saya menyadari, tidak ada karakter yang gagal, hanya orang putus asa yang menghapus karakter karena pengaruh dari orang lain (termasuk saya dulu adalah orang putus asa sepert itu).

Makin kesini, saya semakin mengerti jadi kalau ada orang lain yang bilang karakter saya adalah karakter gagal, saya tidak akan terpengaruh lagi karena setiap karakter memiliki fungsi masing2 untuk grup dan Guild.

Tidur Dengan Buku
Dulu ada buku keluaran Game Station yang membahas tentang Ragnarok Online, saya masih ingat saat itu masih Patch kota Yuno. Ukuran Client game pun masih 700MB, sedangkan sekarang sudah lebih dari 2GB.

Belum pernah saya tidur sambil memegang buku, dan buku RO itulah yang pertama kali saya baca sampai tertidur (cacad banget). Sampai hari berikutnya pun seperti itu, andaikan saja itu buku Fisika atau Matematika, pasti saya sudah sangat pintar disekolah karena baca buku sampai tertidur setiap hari.

Berubah Job 2
Sebelum Patch kota Yuno hanya ada 1 pilihan untuk jadi job 2. Lanjutan dari Swordman adalah Knight, iya sudah saya berubah jadi Knight. Tidak lama kemudia, ada berita di website kalau job alternatif akan segera hadir di Ragnarok Online Indonesia. Setelah Patch tersebut, setelah menjadi Swordman akan muncul job Defender sebagai pilihan selain berubah menjadi Knight.

Mengetahui berita itu, saya berhenti memainkan Knight, lalu membuat karakter baru untuk persiapan menjadi Defender.

Defender Is The Best For Me
Kota Yuno sudah diimplementasikan, job alternatif pun sudah mulai bermunculan. Hanya saja belum banyak yang berubah menjadi Defender karena memang belum tahu kelebihan dari job ini. Lebih banyak orang berbondong-bondong membuat job Monk karena skill andalan Ashura Strike bisa mengalahkan musuh dalam sekali serang.

Saya tidak terpengaruh degan tren itu, saya tetap fokus pada pembuatan Defender tipe Shield dengan skill andalan Reflect Shield dengan Shield Boomerang. Hunt-nya minta ampun susah sekali, Damage yang dihasilkan juga kecil. Rasanya putus asa sekali. Masuk ke ruang PVP pun kalah trus, maklum saja masih level 70an.

Tantangan seperti itu tidak membuat saya menyerah, walaupun lama, saya tetap Hunt dengan sepenuh hati, hingga pada akhirnya sampai pada level 90an. Hunt pun di High Orc trus (gef_fild14). Iya sudahlah yang penting naik level.

Skill Barrier Membuat Hidup Semakin Hidup
Ketika saya mendapatkan skill ini, yang tepikir adalah job Archer pasti sangat menderita karena efek dari skill Barrier. Ternyata memang seperti itu, saya belum pernah kalah dari job Archer class ketika menggunakan Defender hingga saat ini. Mungkin sekarang berbeda, karena setelah job 4, Archer class memiliki banyak skill yang bukan termasuk dalam serangan Range (jarak jauh).

Skill Reflect Shield Mulai Menggila
Setelah skill Barrier diambil, selanjutnya adalah skill Reflect Shield. Dengan skill itu, job lain akan sangat malas untuk memukul karakter saya, khususnya yang tipe AGI seperti Archer class, Merchant class dan Thief class. Secara Reflect Shield mengembalikan Damage yang diterima sebanyak 40%, dan job2 tersebut memiliki HP tidak lebih dari 50% HP Defender saya.

Dengan kata lain, walaupun saya tidak membalas pun saya pasti akan menang (kecuali Archer class, karena serangan Range tidak bisa dikembalikan dengan skill Reflect Shield).

Tetapi saya masih sungkan untuk melawan tipe-tipe VIT seperti Knight dan Blacksmith, karena mereka memiliki HP yang sangat banyak dan serangan yang sangat besar. Jadi skill Reflect Shield dan Barrier tidak bisa mengatasi kemampuan mereka.

Job yang sering saya permainkan ketika sering PVP adalah Assassin, Hunter dan Monk tipe AGI. Sedangkan karakter yang sangat saya hindari adalah Knight dan Blacksmith tipe VIT.

Rebirth For The Better Future
Tidak lama setelah saya Aura (level 99), munculah Patch baru yaitu Rebirth. Pada Patch kali ini Swordman class khususnya menjadi lebih menggila. Lord Knight adalah perubahan dari job Knight, sedangkan Paladin adalah perubahan dari job Defender.

Lord Knight menjadi Breaker yang sangat handal ketika WOE (War of Emperium) dengan skill Frenzy, sedangkan Paladin menjadi salah satu karakter terbaik untuk PVP dengan skill Martyr’s Reckoning sebagai andalanya. Masa2 yang sangat indah jika mengingat kejayaan masa lalu saat Break Emperium.

Sempat Pensiun Selama 3 Tahun
Jujur saja, saya pernah pensiun selama 3 tahun dari dunia RO, dan sempat memutuskan untuk tidak akan kembali. Karena pengaruh pacar yang tidak mendukung kegiatan saya itu. Pacar juga mau saya menghapus karakter kebanggan saya yaitu Paladin level 77 dengan nick Fakry (nama saya yang sebenarnya). Sumah, menaikan level Paladin saat itu masih susah banget. Apalagi saat itu masih di server Freya (server Loki yang digabung dengan Iris) jadi masih harus menggunakan voucher untuk main (belum gratis seperti sekarang).

Tidak lama saya menghapus karakter tersebut, saya memutuskan untuk putus dengan pacar karena dia terlalu mengekang kebebasan saya untuk berekspresi. Jika ditanya menyesal atau tidak, jawabanya adalah IYA.

Server Fun And Chat Coming Soon
Walaupun sudha pensiun, saya tetap update informasi seminggu sekali di website resmi IdRO. Lalu ada pemberitahuan bahwa akan ada server yang bernama Fun And Chat yang tags line-nya Anti-BOT dan gratis main untuk selamanya.

Membaca bertita itu, saya langsung tertarik lagi untuk main RO. Dengan catatan server tersebut sudah diimplementasikan.

Tetap saat FnC pertama kali diimplementasikan pada tahun 2006, saya langsung main dan memutuska untuk kembali bermain game RO. Sangat luar biasa, dengan modal sedikit saja (voucher 65k) saya sudah bisa jadi karakter yang hebat di PVP (tidak mudah dikalahkan kecuali dikeroyok). Karena pemain lain belum ada yang modal Item Mall (IM). Secara saat ada FnC, IM juga baru diimplementasikan. Jadi banyak pemain yang masih sayang untuk membeli equip dengan koin.

Di FnC kan ada sistem Drop equip kalau terbunuh oleh monster. Nah pada saat Hunt, saya sering panen equip juga karena banyak karakter yang menjadi korbanya. Walaupun kadang saya kembalikan jika ada yang minta, secara sedih juga kalau equip jatuh. Saya juga bukan orang yang tega melihat pemain lain susah.

Bersinar Di Room PVP
Saya pernah mengalami masa kejayaan ini, dimana saya bisa menang melawan banyak karakter (cth: Assassin, Blacksmith, Hunter, Knight, Monk, Wizard dll). Walaupun sekarang sudah masuk dalam jajaran karakter payah. Karena sekarang, hampir semua orang sudah tahu tips dan trik untuk main RO khususnya sebagai Swordman class.

Senjata andalah saya:
+7 Double Bloody Saber untuk melawan karakter tipe VIT
+7 Triple Ancient Saber untuk melawan tipe AGI


Dengan equip:
+4 Full Plate of Ares
+4 Cranial Shield
+4 Green Boots
+4 Immune Manteau
+4 Anti-Magic Helm


Skill yang digunakan:
Bash
Barrier
Reflect Shield
Shield Boomerang


Saya tidak begitu suka meminta paket kepada karakter lain, jadi iya sudah polos saja gitu. Yang penting adalah bisa mengalahkan musuh secepat mungkin, karena itulah saya mengambil tipe Hybrid (status VIT dan AGI hampir sama atau ada juga yang jumlahnya sama persis).

Pasang Internet Di Rumah
Hal yang paling menyenangkan bagi saya saat SMA (aslinya saya anak SMK) adalah ketika ibu mengijinkan untuk memasang jasa provider Internet di rumah. Dari dulu sampai saat ini saya menggunakan Speedy (walaupun kadang menyebalkan).

Mulai dari sinilah saya makin ketagihan dunia maya, khususnya dalam bermain Game Online.

Membuat Komunitas Swordman
Ketika saya agak lama mengenal forum online Kaskus, saya melihat ada sub-forum yang khusus membahas game Ragnarok Online Indonesia. Ada bermacam-macam pembahasan. Pada saat itu belum ada yang membahas job Swordman.

Akhirnya saya berinisiatif untuk membuat komunitas Swordman, jadilah Thread Tongkrongannya pecinta swordman khususnya Paladin, masuk sini - Part 1 sampai pada Part 2. Semoga Thread itu tetap eksis dan dipenuhi oleh member-member yang antusias terhadap game RO sampai Part seterusnya.

Awal dari Thread ini mungkin suram, tidak ada yang main. Kalaupun ada, mungkin hanya say hello. Tetapi setiap ada yang bertanya, selalu saya sambut dengan asik (gaul banget kan). Sampai kira2 4 bulanan Thread itu sepi, lama2 kelamaan makin ramai dan terbentuklah komunitas Swordman seperti saat ini. Saya mengucapkan terima kasih kepada semua anggota Thread Tongkrongannya pecinta swordman khususnya Paladin, masuk sini karena tanpa kalian, Thread tersebut tidak akan hidup seperti saat ini.

Patch Renewal Has Come
Ini adalah titik balik dimana semua orang mulai kehidupan dari awal. Sangat banyak sistem dalam game khususnya status karakter yang diubah atau disesuaikan agar tidak ada karakter yang lebih lebat dari karakter lainya. Isitilahnya adalah Nerf atau Balancing.

Karena kecerobohan pihak Publisher, ada Spear yang masuk ke dalam NPC Alchemist di Al Debaran. Spear itu adalah Brocca. Salah satu Spear terbaik untuk Royal Guard (perubahan job 4 dari Defender class). Ini sih hanya sampingan saja, walaupun tidak pernah ada bugs seperti itu, Royal Guard akan tetap menjadi karakter yang Over Power di Ragnarok Online Indonesia. Oleh karena itu, akan ada Nerf untuk skill yag dimiliki oleh Royal Guard khususnya pada skill Reflect Damage.

Optimaks.com Was Born
Bersamaan dengan Patch Renewal itu, semakin banyak yang main ke Thread, dan saya kesulitan untuk mencari referensi game Ragnarok Online terbaru dalam bahasa Indonesia. Karena semakin banyak teman-teman yang bertanya melalui Facebook dan PM (sampai tidak bisa menampung PM baru, maklum bukan Donatur). Itulah salah satu alasan Optimaks dibuat yaitu untuk menyediakan Database Ragnarok Online yang khusus membahas tentang Swordman class.

Kalau hanya mengandalkan Thread di Kaskus, sangat sulit untuk mencari Post yang sudah tenggelam oleh Post member lainya.

Senang Berbisnis Dengan Anda
Kalau saya sendiri saja, tidak mungkin bisa menghasilkan artikel yang bagus. Oleh karena itu saya banyak meminta bantuan dari teman-teman lain untuk mengkoreksi apabila ada yang salah dalam artikel yang sudah saya buat dan untuk menambahkan jika ada yang kurang yang istilahnya adalah di-revisi (perbaiki).

Persembahan Sebelum Pensi Total
Saya belum berfikir untuk berhenti untuk main RO. Tetapi jika saya berhenti bermain, minimal pengetahuan yang saya miliki saat ini bisa diwariskan kepada junior2 Swordman class. Oleh karena itu, dengan antusias saya buat Database Swordman class di Optimaks dengan bantuan dari banyak teman2 khususnya dari Facebook dan Kaskus.

Saya juga berharap, dari pengetahuan yang saya bagikan ini bisa menghasilkan para Swordman yang tangguh dan lebih baik daripada generasi sebelumnya. Generasi Renewal adalah generasi yang dinamis, tidak terpatok pada tipe tertentu, karena jaman sekarang sudah tidak jaman lagi tipe yang mengandalkan 1 skill dan 1 status saja.

Masih ingat kan moto dari IdRO? Sejuta sahabat, sejuta rasa.

Catatan:
Sebenarnya masih banyak yang ingin saya ceritakan, tetapi segini saja sudah cukup.


Panjang banget curhatan dari saya, mungkin membosankan iya membaca artikel ini. Maksud dari artikel ini adalah, agar generasi RO Mania yang baru bisa lebih mandiri dari generasi sebelumnya, dan generasi yang lama bisa mempertahankan eksistensinya dengan cara yang lebih dewasa.

Itulah yang menjadi motivasi saya dalam bermain RO hingga saat ini, yaitu untuk menambah teman dan sahabat. Kalau hanya untuk menjadi yang terkuat, sepertinya tidak mungkin saya bisa bertahan selama ini dalam 1 permainan (game).

Happy RO ^^

Komentar

  1. smp saya maen bro ampe sma kelas 2 kalo ga salah apa kelas 3 yah pokoknya sma, dari 2003 akhir - 2008 akhir, karakter saya dl asasin sama hunter, dan itu adalah hari-hari dimana sampa usia saya 26 saat ini tetep akan aku kenang,
    "Sejuta sahabat, sejuta rasa"

    BalasHapus
  2. wah keren mas artikel nya sangat menyentuh saya. apalagi saya juga pemain ragnarok online di tahun 2004, saat itu saya masih kelas 4 SD. ini aja sekarang mau lanjutin main game online nya di private server yang akan saya buat nantinya. :D

    BalasHapus
  3. halo gan, mau tanya msh punya buku ragnarok guide edisi pertama (sampai dengan episode juno) ? mohon info nya bisa di email ke angellaalala@yahoo.com. trims

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Game Online dan Perusahaan Penerbit Game Online PC di Indonesia

Update: 28 Desember 2020 Ada banyak perusahaan penerbit game online di Indonesia saat ini. Setiap perusahaan itupun memiliki lebih dari satu game online. Pada artikel ini saya akan merangkum game online yang ada di Indonesia mulai dari yang masih aktif, akan datang bahkan hingga yang sudah mengakhiri layanannya. Saya juga akan memberitahukan perusahaan penerbit yang membawa game online tersebut. Namun saya hanya akan memberitahukan game online yang dimainkan di PC, baik client maupun browser . Saya tidak membahas game mobile karena materinya terlalu banyak dan cakupannya terlalu luas. Yuk kita lihat daftar publisher , game yang masih ada atau yang sudah menutup layanannya di bawah ini. Altermyth Inspirit Arena: tutup Agate Studio Football Saga 2: tutup SENGOKUIXA: tutup Apple Tree Interactive Eudemons Online: tutup Asiasoft Indonesia AIKA Online: tutup ARGO Online: tutup Alliance of Valiant Arms Online (A.V.A): tutup Brawl Buster: tutup Everplanet:

Penjelasan Poin Status dan Sub-Status

Sering kali RO mania menanyakan status yang bagus untuk karakternya, tetapi belum tentu status yang bagus untuk karakter satu bagus juga untuk yang lain. Karena status juga dipengaruhi oleh equip dan cara bermain.

Download Video YouTube Dengan Add-ons SaveFrom.net Helper

Jika gamers bingung mengenai cara mengunduh video dari YouTube, sekarang sudah ada add-ons dari Mozzila Firefox yang bisa digunakan untuk mengunduh video yang diinginkan lhooo. Walaupun saya biasanya menggunakan KeepVid tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba hal baru. Selain itu, gamers juga bisa menggunakan add-ons tersebut untuk mengunduh video lebih dari 40 situs terkemuka. Add-ons itu bernama SaveFrom.net helper . Selain untuk Mozilla Firefox, add-ons ini juga tersedia untuk browser lain sepeti Google Chrome dan Safari. Gamers bisa melihat cara untuk menggunakan add-ons ini disini .