Langsung ke konten utama

Main Elsword Indonesia, Open Beta

Akhirnya sampai juga pada tahap Open Beta (OBT). Hari ini saya langsung bermain dengan serius untuk mengetahui serunya bermain game yang diterbitkan oleh PT CJ Internet Indonesia ini. Karena pada masa Closed Beta (CBT) saya tidak bergitu serius memainkannya karena karakter akan dihapus pada tahap tersebut. Namun,pada tahap OBT tidak akan ada penghapusan karakter.

Elsword-Indonesia-MasterFakry

Untuk saat ini, hanya tersedia tiga karakter yang bisa dipilih yaitu Elsword, Aisha dan Rena sedangkan yang tiga lagi belum bisa dipilih.

Pada tahap OBT saya tetap membuat karakter dengan nick name MasterFakry dan memilih takdir sebagai Elsword (Swordman). Halaaah Swordman lagi, tetapi saat ini saya berencana untuk menjadi Swordman yang juga bisa menggunakan serangan magic. Ingin tahu kisah selengkapnya, baca terus artikel ini #hahah.

Elsword-Indonesia-MasterFakry
Keterangan singkat karakter Elsword

Agar permainan berjalan dengan lancar, ada baiknya anda mengetahui tombol dasar yang digunakan untuk mengendalikan karakter. Untuk itu silahkan lihat gambar di bawah ini.

Elsword-Indonesia-MasterFakry
Tombol pengendalian karakter saat bertarung

Ketika awal bermain pun jangan terburu-buru bertarung ke dungeon. Langkah awal adalah mengetahui informasi tentang cara memainkan game dengan mengikuti quest yang disediakan pada masing-masing NPC. Mereka akan mengajarkan anda bagaimana caranya memainkan Elsword Indonesia dengan benar seperti cara Socket dan Enchant.

Elsword-Indonesia-MasterFakry
Jendela quest bisa dibuka dengan cara menekan tombol "Q"

Anda juga akan diajarkan cara untuk menggunakan equipment dengan cara drag and drop atau langsung saja klik kanan pada equipment di inventory karakter. Kemudian untuk melepaskan equipment yang sedang dipakai bisa dilakukan dengan cara yang sama yaitu drag and drop atau bisa juga klik kanan pada equipment di jendela karakter.

Elsword-Indonesia-MasterFakry
Menggunakan equipment dengan cara klik kanan atau drag and drop

Saat memulai permainan, anda akan ditujukan pada dua pilihan yaitu bermain pada mode dungeon atau battle. Dungeon adalah tempat untuk menjalankan quest, mencari banyak ED (mata uang Elsword) dan EXP. Sedangkan battle mode adalah tempat untuk mencari reputasi dan ranking. Battle mode juga bisa disebut sebagai mode PVP (player versus player).

Dibutuhkan stamina untuk bermain di dungeon. Jika stamina habis, anda tidak akan diijinkan untuk memasuki mode tersebut. Tetapi anda bisa kok bermain di battle mode walaupun stamina habis.

Stamina akan kembali penuh pada keesokan harinya (menggunakan Stamina Potion) sehingga anda bisa kembali bermain. Fitur stamina ini mungkin ditujukan untuk gamers hardcore yang tidak kenal waktu dan mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti di negara lain. Karena ada berita yang mengatakan bahwa gamers di negara lain ada yang meninggal karena terlalu lama bermain games.

Saya juga belum tahu bagaimana caranya mendapatkan Stamina Potion. Beberapa sumber mengatakan bahwa barang tersebut bisa didapatkan dari kotak surat, tetapi entahlah saya belum coba juga.

Elsword-Indonesia-MasterFakry
Manakah yang lebih anda sukai antara mode dungeon dengan battle mode?

Lebih lanjut menganai battle mode. Anda akan bertarung melawan karakter dengan level yang sama sehingga pertarungan akan berlangsung secara adil. Tidak akan ada karakter yang kecewa karena bermusuhan dengan karakter dengan level yang lebih tinggi atau rendah. Anda juga akan mendapatkan AP (Arena Point) untuk membeli item battle dan EXP untuk menaikkan level karakter.

Elsword-Indonesia-MasterFakry
Tingkatkan terus ranking karakter anda dan jadilah yang terbaik

Karena terlalu bersemangat main, tidak terasa karakter saya sudah level 15. Ini adalah saatnya untuk quest ubah job. Saya pun memutuskan untuk berubah menjadi Magic Knight. Seorang kesatria yang menguasai kemampuan magic yang sangat kuat. Job itu dapat menggabungkan kekuatan fisik dengan sihir (Fire Ball) untuk memporak-porandakan pertahanan musuh.

Elsword-Indonesia-MasterFakry

Anda bisa menggunakan Item Mall (Magic Knight's Medal untuk menjadi Magic Knight atau Sword Knight's Medal untuk menjadi Sword Knight) jika tidak mau repot-repot menjalankan quest ubah job. Tetapi saya sarankan agar menjalankan quest-nya saja, seru banget lhooo.

Ada banyak yang ingin saya ceritakan pada pengalaman bermain Elsword Indonesia hari ini. Sayangnya jika ditulis semunaya, artikel ini pun akan menjadi sangat panjang dan membosankan. Jadi lanjut lagi di lain kesempatan iya.

Sampai jumpa di Elrios!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Game Online dan Perusahaan Penerbit Game Online PC di Indonesia

Update: 28 Desember 2020 Ada banyak perusahaan penerbit game online di Indonesia saat ini. Setiap perusahaan itupun memiliki lebih dari satu game online. Pada artikel ini saya akan merangkum game online yang ada di Indonesia mulai dari yang masih aktif, akan datang bahkan hingga yang sudah mengakhiri layanannya. Saya juga akan memberitahukan perusahaan penerbit yang membawa game online tersebut. Namun saya hanya akan memberitahukan game online yang dimainkan di PC, baik client maupun browser . Saya tidak membahas game mobile karena materinya terlalu banyak dan cakupannya terlalu luas. Yuk kita lihat daftar publisher , game yang masih ada atau yang sudah menutup layanannya di bawah ini. Altermyth Inspirit Arena: tutup Agate Studio Football Saga 2: tutup SENGOKUIXA: tutup Apple Tree Interactive Eudemons Online: tutup Asiasoft Indonesia AIKA Online: tutup ARGO Online: tutup Alliance of Valiant Arms Online (A.V.A): tutup Brawl Buster: tutup Everplanet:

Penjelasan Poin Status dan Sub-Status

Sering kali RO mania menanyakan status yang bagus untuk karakternya, tetapi belum tentu status yang bagus untuk karakter satu bagus juga untuk yang lain. Karena status juga dipengaruhi oleh equip dan cara bermain.

Download Video YouTube Dengan Add-ons SaveFrom.net Helper

Jika gamers bingung mengenai cara mengunduh video dari YouTube, sekarang sudah ada add-ons dari Mozzila Firefox yang bisa digunakan untuk mengunduh video yang diinginkan lhooo. Walaupun saya biasanya menggunakan KeepVid tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba hal baru. Selain itu, gamers juga bisa menggunakan add-ons tersebut untuk mengunduh video lebih dari 40 situs terkemuka. Add-ons itu bernama SaveFrom.net helper . Selain untuk Mozilla Firefox, add-ons ini juga tersedia untuk browser lain sepeti Google Chrome dan Safari. Gamers bisa melihat cara untuk menggunakan add-ons ini disini .