Langsung ke konten utama

Mengulas Tentang Efek Skill Shield Spell, Royal Guard, Ragnarok Online Indonesia

Salah satu skill ekslusif Shield yang dimiliki oleh Royal Guard (RG). Kegunaanya bisa bermacam2 yaitu dari meningkatkan ATK, Defense, pengembalian Damage, serangan area, memberikan efek negatif, Heal kepada diri sendiri dan menghancurkan Armor musuh.

Salah satu skill penting yang harus diambil oleh semua RG karena setiap level memiliki efek serta keunikan tersendiri dan yang terbaik adalah level 1.

Skill Pre-Requirement
Shield Press level 3, Earth Drive level 2.


Kenapa untuk skill ini level 1 saja sudah cukup? Karena untuk level 2 dan 3 itu efeknya tidak begitu bagus. Alasanya akan saya berikan pada akhir artikel ini tetapi sebelumnya ijinkan saya untuk menjelaskan efek apa saja yang diberikan pada setiap levelnya.

Buff yang diberikan oleh Shield Spell tidak bisa digabungkan dengan efek Shield Spell lainya. Jika anda mendapatkan efek Buff yang berbeda ketika menggunakanya lagi, maka Buff sebelumnya akan dibatalkan dan diganti dengan yang baru dan efek yang didapatkan selalu Random (acak) tetapi bisa ketahui dari durasinya.

LevelEfek Buff Berdasarkan ShieldSP
1Memanggil kekuatan berdasarkan defense Shield50
2Memanggil kekuatan berdasarkan MDEF Shield50
3Memanggil kekuatan berdasarkan upgrade Shield50

Setiap level memiliki 3 jenis Buff yang akan diberikan secara random jadi anda tidak akan tahu akan mendapatkan yang mana tetapi jangan khawatir karena anda bisa mengetahui mendapatkan Buff apa dengan cara melihat durasi dari Buff tersebut. Tetapi ada efek yang bukan Buff seperti Heal dan serangan area fisik atau magic.

Level 1
Defense yang dihitung adalah yang dibawa dari Shield, jadi tidak termasuk Upgrade yang sudah diberikan.
  1. Meningkatkan ATK (durasi = Defense*3 detik).
  2. Meningkatkan pengembalian Damage (Defense/2)%, hanya untuk serangan Melee dan bisa digunakan bersama dengan Reflect Shield atau Reflect Damage pilih salah satu (durasi = Defense shield).
  3. Serangan area fisik dan memukul mundurnya.

Level 2
Jika Shield anda tidak memiliki MDEF, maka tidak akan memberikan efek apapun.
  1. Efek skill Magnificat kepada diri sendiri (durasi = MDEF*30 detik).
  2. Serangan area Magic.
  3. Memberikan area Silence.

Level 3
Efek menghancurkan Armor tidak akan bekerja ketika musuh menggunakan Armor yang tidak bisa dihancurkan atau dalam Buff skill equip series Protection (Alchemist class).
  1. Meningkatkan Defense karakter (defense = 10*Upgrade dan durasi = Upgrade*20 detik).
  2. Meningkatkan ketahana terhadap status negatif ((Upgrade*2) + (LUK / 10 %)) dengan durasi (Upgrade*30 detik).
  3. Efek skill Heal kepada diri sendiri (11+Upgrade)% dari MaxHP karekter.

Dari penejlasan skill diatas, kesimpulanya adalah level terbaik adalah level 1. Mungkin level 3 terlihat sangat hebat karena ada salah satu kemungkinan untuk mendapatkan efek menghancurkan Armor 100% ketika menyerang tetapi banyak karakter diluar sana yang menggunakan Valkirian Armor dan Full Chemical Protection ketika beraksi dalam WOE atau PVP jadi efek terhebal dari Shield Spell level 3 tidak bisa berjalan dengan baik.

bagaimana dengan level 2? Apalagi level 2, hampir tidak ada Shield yang memiliki MDEF tinggi kecuali Herald of God (Shield cadangan ketika Shield utama hancur) dan efek Buff pun tidak terlalu bagus.

Kesimpulan
  • Anda harus menggunakan Shield ketika menggunakan skill ini.
  • Cast Time 1 detik, Delay 1 detik, Cooldown 2 detik.
  • Buff skill tidak akan dibatalkan ketika Shield lepas, hancur atau diganti.
  • Hanya ada 1 efek Buff yang bisa aktif jadi tidak bisa digabungkan dengan efek Shield Spell lainya.
  • Ketika anda menggunakan Shield Spell level 2, sedangkan Shield tidak memiliki MDEF maka tidak akan memberikan efek Buff apapun.
  • Buff skill bisa dibatalkan oleh skill Dispell (Professor), Battle Chant (Paladin), Inspiration (RG) dan Hermode's Rod (Clown).

Tips dan Trik
Shield terbaik untuk Shield Spell level 1 adalah Rosa Shield karena memiliki Defense tertinggi, ringan dan Item Mall. Berdasarkan kesimpulan pada poin ke 3, maka Buff tidak akan hilang ketika Shield dilepas. Ketika Cast skill ini, gantilah shield anda dengan Rosa Shield, setelah mendapatkan Buff yang diinginkan maka gantilah kembali dengan Shield yang sebenarnya.

Jika anda tidak mengambil skill Inspiration, saran saya tidak perlu mengambil hingga level 3 karena sayang poin skill, level 1 saja sudah cukup karena ATK atau pengembalian Damage lebih berguna diabndingkan efek Shield Spell lainya tetapi jika anda ingin mengambil lebih silahkan saja tidak masalah. Saya hanya memberi saran berdasarkan pengamatan di game yaitu level yang paling sering digunakan dan menguntungkan adalah level 1.

Happy RO ^o^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Game Online dan Perusahaan Penerbit Game Online PC di Indonesia

Update: 28 Desember 2020 Ada banyak perusahaan penerbit game online di Indonesia saat ini. Setiap perusahaan itupun memiliki lebih dari satu game online. Pada artikel ini saya akan merangkum game online yang ada di Indonesia mulai dari yang masih aktif, akan datang bahkan hingga yang sudah mengakhiri layanannya. Saya juga akan memberitahukan perusahaan penerbit yang membawa game online tersebut. Namun saya hanya akan memberitahukan game online yang dimainkan di PC, baik client maupun browser . Saya tidak membahas game mobile karena materinya terlalu banyak dan cakupannya terlalu luas. Yuk kita lihat daftar publisher , game yang masih ada atau yang sudah menutup layanannya di bawah ini. Altermyth Inspirit Arena: tutup Agate Studio Football Saga 2: tutup SENGOKUIXA: tutup Apple Tree Interactive Eudemons Online: tutup Asiasoft Indonesia AIKA Online: tutup ARGO Online: tutup Alliance of Valiant Arms Online (A.V.A): tutup Brawl Buster: tutup Everplanet:

Penjelasan Poin Status dan Sub-Status

Sering kali RO mania menanyakan status yang bagus untuk karakternya, tetapi belum tentu status yang bagus untuk karakter satu bagus juga untuk yang lain. Karena status juga dipengaruhi oleh equip dan cara bermain.

Download Video YouTube Dengan Add-ons SaveFrom.net Helper

Jika gamers bingung mengenai cara mengunduh video dari YouTube, sekarang sudah ada add-ons dari Mozzila Firefox yang bisa digunakan untuk mengunduh video yang diinginkan lhooo. Walaupun saya biasanya menggunakan KeepVid tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba hal baru. Selain itu, gamers juga bisa menggunakan add-ons tersebut untuk mengunduh video lebih dari 40 situs terkemuka. Add-ons itu bernama SaveFrom.net helper . Selain untuk Mozilla Firefox, add-ons ini juga tersedia untuk browser lain sepeti Google Chrome dan Safari. Gamers bisa melihat cara untuk menggunakan add-ons ini disini .