Langsung ke konten utama

Mengatasi Ghostring, Deviling dan Golden Thief Bug Card

Di game Ragnarok Online Indonesia, ada beberapa card yang menjadi primadona karena memiliki efek yang luar biasa untuk PvP dan hunting. Banyak RO mania yang ngeri ketika menghadapi karakter yang menggunakan card itu saat PvP dan WoE. Namun, itu hanyalah masa lalu.

Saat ini, sudah ada banyak teknologi yang ditambahkan pada job tertentu untuk mengatasi semua kelebihan dari card primadona itu. Sebut saja Sage class, mereka memiliki skill untuk membuat Elemental Converter. Elemental Converter itu bisa digunakan untuk mengubah elemen senjata, sehingga mengikuti elemen yang terpasang dari Elemental Converter yang digunakan.



Ghostring Card
+Mengubah elemen armor menjadi ghost
Mengurangi damage dari serangan elemen netral
Sangat cocok digunakan untuk mengatasi skill Acid Demonstration, Cart Terminator dan skill yang pasti berelemen netral
-Tidak mempengaruhi damage dari elemen tanah, api, air, angin dll
Bisa diatasi dengan penggunaan Elemen Converter dan Cursed Water
Damage dari senjata elemen ghost meningkat, seperti Immortal Sword
Harganya mahal gila

Karakter yang menggunakan Ghostring Card pun masih bisa terkena status frozen. Jadi elemennya berubah jadi elemen air selama frozen itu (cth: Marina Card, skill Frost Driver, Frost Nova, Storm Gust, Jack Frost dll). Nah saat frozen itu, guankan senjata atau skill elemen angin, lalu hajar dengan kekuatan maksimal.

Coba gamers lihat tabel di bawah ini, semua elemen kecuali elemen netral tidak terpengaruh sedikit pun ketika menghadapi elemen ghost. Elemen senjata dan armor yang digunakan oleh karakter dihitung sebagai elemen level 1.

Element Table Level 1 - Ragnarok Online Indonesia
Menurun = elemen senjata atau magic, Mendatar = element armor

Saran saya, bawalah Elemental Converter dalam setiap pertempuran, untuk menghadapi karkater yang menggunakan Ghostring Card.



Golden Thief Bug Card
+Pengguna card ini menjadi kebal terhadap semua serangan magic
Kebal terhadap status negatif (cth: coma, stone cursed dan skill Dispell)
-Penggunaan SP jadi 2x lipat
Tetap bisa dihabisi dengan serangan normal
Tidak bisa menerima Heal dan menggunakan skill paket (buff)
Masih bisa menerima efek skill Divest Shield atau Full Strip
Shield yang digunakan bisa dihancurkan oleh skill Pinpoint Attack level 3
Masih bisa terkena status negatif seperti stun dan blind
Masih bisa terkena damage dari skill Gloria Domini
Skill Grand Cross tidak berfungsi jika karkater itu menggunakan card ini
Harganya super mahal

Btw untuk apa di-Dispell, secara tidak ada buff yang bisa melekat di karakter yang menggunakan GTB Card ini.

Saya tidak mengerti, zaman sekarang harga card sepeti ini masih tinggi. Padahal fungsinya saja tidak sehebat harganya, hahah. Lebih baik membawa Yggdrasil Berry atau Yggdrasil Berry yang banyak saat hunting, PvP dan WoE daripada menggunakan card ini. Tetapi jika dikasi sih pasti diterima, namun sebagai item pajangan di Kafra.



Deviling Card
+Mengurangi damage dari elemen netral sebesar 50%
Sangat cocok digunakan untuk mengatasi skill Acid Demonstration, Cart Terminator dan skill yang pasti berelemen netral
-Damage yang diterima dari semua elemen +50%, kecuali elemen netral
Magician class FOR THE WIN
Bisa diatasi dengan penggunaan Elemen Converter dan Cursed Water
Cukup mahal

Intinya, jika ada karakter yang menggunakan semua card diatas secara bersamaan. Masih ada cara kok untuk mengalahkannya, sehingga gamers tidak perlu terlalu kagum lah dengan karakter yang memiliki card itu.

Dengan segala teknologi yang muncul setelah renewal, maka permainan pun akan menjadi lebih seimbang. APalagi Gravity telah melakukan skill balancing yang membuat karakter IMBA menjadi biasa saja. Sekarang tugas kita adalah mencari equipment dan set card yang tepat berdasarkan gaya bermain, tempat hunting dan musuh yang dihadapi. Tidak ada satu set equipment untuk segala macam kondisi, karena setiap set equipment memiliki kelebihan dan kekurangan.

Ini adalah analisa saya setelah membaca beberapa referensi dari situs luar negeri. Secara, keknay sulit juga mencoba langsung card diatas. Tetapi kalau ada RO mania yang punya card diatas khususnya Golden Thief Bug Card (GTB Card), boleh minta konfirmasi menegnai kebenaran tulisan saya ini. Khususnya pada bagian, GTB Card masih bisa menerima serangan dari senjata elemen.

Happy RO ^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Game Online dan Perusahaan Penerbit Game Online PC di Indonesia

Update: 28 Desember 2020 Ada banyak perusahaan penerbit game online di Indonesia saat ini. Setiap perusahaan itupun memiliki lebih dari satu game online. Pada artikel ini saya akan merangkum game online yang ada di Indonesia mulai dari yang masih aktif, akan datang bahkan hingga yang sudah mengakhiri layanannya. Saya juga akan memberitahukan perusahaan penerbit yang membawa game online tersebut. Namun saya hanya akan memberitahukan game online yang dimainkan di PC, baik client maupun browser . Saya tidak membahas game mobile karena materinya terlalu banyak dan cakupannya terlalu luas. Yuk kita lihat daftar publisher , game yang masih ada atau yang sudah menutup layanannya di bawah ini. Altermyth Inspirit Arena: tutup Agate Studio Football Saga 2: tutup SENGOKUIXA: tutup Apple Tree Interactive Eudemons Online: tutup Asiasoft Indonesia AIKA Online: tutup ARGO Online: tutup Alliance of Valiant Arms Online (A.V.A): tutup Brawl Buster: tutup Everplanet:

Penjelasan Poin Status dan Sub-Status

Sering kali RO mania menanyakan status yang bagus untuk karakternya, tetapi belum tentu status yang bagus untuk karakter satu bagus juga untuk yang lain. Karena status juga dipengaruhi oleh equip dan cara bermain.

Download Video YouTube Dengan Add-ons SaveFrom.net Helper

Jika gamers bingung mengenai cara mengunduh video dari YouTube, sekarang sudah ada add-ons dari Mozzila Firefox yang bisa digunakan untuk mengunduh video yang diinginkan lhooo. Walaupun saya biasanya menggunakan KeepVid tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba hal baru. Selain itu, gamers juga bisa menggunakan add-ons tersebut untuk mengunduh video lebih dari 40 situs terkemuka. Add-ons itu bernama SaveFrom.net helper . Selain untuk Mozilla Firefox, add-ons ini juga tersedia untuk browser lain sepeti Google Chrome dan Safari. Gamers bisa melihat cara untuk menggunakan add-ons ini disini .