Langsung ke konten utama

Ragnarok Online Official Fanart Collection Vol.1

Kemarin saya melakukan wawancara ekslusif dengan CEO Lyto, Andi Suryanto. Dalam wawancara itu, saya dan kru KotakGame melakukan konfirmasi mengenai pemberitaan tentang gosip kesepakatan antara Lyto dengan Gravity. Bapak Andi mengatakan bahwa dia terkejut setelang mengetahui gosip tersebut. Padahal dirinya tidak merasa pernah melakukan kesepakatan seperti itu dengan pihak Gravity.

Namun, saya tidak akan membahas wawancara itu disini karena sudah ada media lain yang membahasnya, hahah. Saya akan membahas apa yang telah diberikan oleh Bapak Andi kepada saya yaitu sebuah buku tentang Ragnarok Online (RO) yang mungkin sudah lama banget. Bahkan lebih lama daripada umur RO di Indonesia. BUku itu berjudul Ragnarok Online Official Fanart Collection Vol.1 yang isinya adalah kumpulan dari karya para RO mania dari luar negeri pada tahun 2002.


Judul buku


Edisi pertama tahun 2002

Buku ini memiliki sekitar 181 halaman, belum termasuk sampul dan lainnya. Di dalamnya terdapat banyak banget karya RO mania. Mulai dari yang cupu hingga yang keren. Selain itu, terdapat informasi mengenai pembut karya tersebut seperti nama, email, nomor kontak dan pesan singkat.





Serunya lagi, buku itu diberikan langsung oleh CEO Lyto. Saya juga sempat mengabadikan foto ketika peneyrahan buku itu. Sepertinya seru banget iya, dimulai dari gamers biasa kemudian naik kelas menjadi gamers yang memiliki kemampuan lebih tinggi seperti saat ini.

Saya sih tidak begitu terampil dalam memainkan karakter di game, karena saya memang lebih tertarik dengan interaksi antar karakter seperti chating dan hunt bareng. Hal itu dikarenakan saya kurang neyukai PvP atau pertempuran antara perkumpulan.


Foto bareng

Selain diberikan buku tersebut, Bapak Andi juga dipinjamkan sebuah buku yang menurut saya sangat 'harta karun' yaitu Characters of Ragnarok, Brand Manual Guide 1. Buku itu berisi data lengkap mengenai karakter atau profesi yang terdapat di RO masa lalu. Kalau sekarang sih, bisa dibilang kalau data di buku itu sudah tidak lengkap lagi. Karena tidak ada data mengenai Transcendent Job dan Job 4.


Ingin tau isi dari 'harta karun' tersebut?

Akan dibahas lebih jauh pada artikel selanjutnya, heheh.

Happy RO ^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Game Online dan Perusahaan Penerbit Game Online PC di Indonesia

Update: 28 Desember 2020 Ada banyak perusahaan penerbit game online di Indonesia saat ini. Setiap perusahaan itupun memiliki lebih dari satu game online. Pada artikel ini saya akan merangkum game online yang ada di Indonesia mulai dari yang masih aktif, akan datang bahkan hingga yang sudah mengakhiri layanannya. Saya juga akan memberitahukan perusahaan penerbit yang membawa game online tersebut. Namun saya hanya akan memberitahukan game online yang dimainkan di PC, baik client maupun browser . Saya tidak membahas game mobile karena materinya terlalu banyak dan cakupannya terlalu luas. Yuk kita lihat daftar publisher , game yang masih ada atau yang sudah menutup layanannya di bawah ini. Altermyth Inspirit Arena: tutup Agate Studio Football Saga 2: tutup SENGOKUIXA: tutup Apple Tree Interactive Eudemons Online: tutup Asiasoft Indonesia AIKA Online: tutup ARGO Online: tutup Alliance of Valiant Arms Online (A.V.A): tutup Brawl Buster: tutup Everplanet:

Penjelasan Poin Status dan Sub-Status

Sering kali RO mania menanyakan status yang bagus untuk karakternya, tetapi belum tentu status yang bagus untuk karakter satu bagus juga untuk yang lain. Karena status juga dipengaruhi oleh equip dan cara bermain.

Download Video YouTube Dengan Add-ons SaveFrom.net Helper

Jika gamers bingung mengenai cara mengunduh video dari YouTube, sekarang sudah ada add-ons dari Mozzila Firefox yang bisa digunakan untuk mengunduh video yang diinginkan lhooo. Walaupun saya biasanya menggunakan KeepVid tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba hal baru. Selain itu, gamers juga bisa menggunakan add-ons tersebut untuk mengunduh video lebih dari 40 situs terkemuka. Add-ons itu bernama SaveFrom.net helper . Selain untuk Mozilla Firefox, add-ons ini juga tersedia untuk browser lain sepeti Google Chrome dan Safari. Gamers bisa melihat cara untuk menggunakan add-ons ini disini .