Langsung ke konten utama

Jurnal Perjalanan Master ke Game Developers Gathering dan Ennichisai 2013

Kemarin adalah hari yang cukup lelelahkan karena saya melakukan liputan di dua lokasi sekaligu yaitu Game Developers Gathering 2013 (GDG 2013) di daerah Hanglekir, Senayan serta ke Ennichisai 2013 di daerah Blok M Square. Walaupun seperti itu, saya merasa sangat senang karena bisa menambah ilmu mengenai industri game di Indonesia, khususnya pada bidang bisnis. Setelah itu menambah keilmuan mengenai kebudayaan Jepang, yang mana pada acara Ennichisai 2013 ini saya bertemu lagi dengan seorang fotografer cewe yang cukup menarik yang menamakan dirinya Kid. Entah mengapa dia tidak mau memberikan nama aselinya.

Game Developers Gathering 2013 dihadiri oleh banyak partisipan, termasuk dari rekan media yang sangat antusias untuk mengetahui produk terbaru dari para pengembang game di Indonesia. Game yang ditampilkan disini adalah produk yang akan dipasarkan secara internasional, sehingga tidak semua pengembang bisa ikut serta. Selain dari para pengembang, ada juga produk game yang dikembangkan oleh para mahasiswa Binus University yang ikut tampil.


Setelah itu, ada acara press conferense yag dipandu oleh Bapak Kris Antoni dari Toge Production. Belian menjelaskan tujuan dan latar belakang diselenggarakannya Game Developers Gathering 2013, lalu menjelaskan juga mengenai konsep baru yang dijalankan pada acara kali ini. Setelah press conference selesai, saya kembali mencoba games yang ditampilkan pada acara tersebut yang mana mayoritas games itu sangat menyenangkan dan adiktif untuk dimainkan.

Setelah selesai meliput acara Game Developers Gathering 2013 di kampur Binus University Senayan. Saya langsung beranjak ke acara selanjutnya yang berlokasi di depan Blok M Square yaitu Ennichisai 2013. Acara tersebut bertema kebudayaan Jepang yang sudah cukup umum dan sering diselenggarakan di Indonesia, khususnya Jakarta. Ennicisai 2013 ini berlangsung dari tanggal 25 hingga 26 Mei 2013.


Di panggung utama diselenggarakan banyak acara yang memncuri perhatian banyak pengunjung seperti pertunjukan coaplay, Ninja, Tokusatsu, Stunt Actor Team, lomba makan ramen dan masih banyak lagi. Pada sela acara di panggung utama, saya menyempatkan diri untuk berkeliling di sekitar lokasi acara. Ramainya pengunjung membuat suasanya yang sejatinya sudah berada di luar ruangan, menjadi tambah panas. Namun, dibalik panasnya cuaca, kemeriahan yang tercipta pada acara ini snagatlah besar.


Ada banyak stand penjual makanan khas Jepang juga seperti Takoyaki, Ramen, Okonomiyaki, Dorayaki dan masih banyak lagi. Selain itu, pada acara inilah tempat bagi para cosplayer untuk mengenakan kotum kesukaanya. Terlihat para coasplayer yang berlalu lalang dengan menggunakan kostum unik. Menariknya, para pengunung juga tertarik untuk berfoto dengan mereka. Bukan hanya cosplayer, para pengunjung biasa juga dengan percaya diri menggunakan pernak pernik khas anime dan budaya Jepang sepeti kimono dan bando dengan telinga kucing.

Dengan seringnya acara seperti ini diadakan di Indonesia, tentu saja akan membuat pertukaran atau pengenalan budaya luar menjadi lebih baik Namun perlu diingat bahwa sebagai bangsa yang bermartabat dan cerdas, kita harus mengambil hal positifnya saja, sedangkan membuang hal negatif yang ikut dalam kebudayaan asing yang masuk ke Indonesia.

Saya mau bangeeet datang ke Ennichisai kalau acara ini ada lagi di tahun depan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Game Online dan Perusahaan Penerbit Game Online PC di Indonesia

Update: 28 Desember 2020 Ada banyak perusahaan penerbit game online di Indonesia saat ini. Setiap perusahaan itupun memiliki lebih dari satu game online. Pada artikel ini saya akan merangkum game online yang ada di Indonesia mulai dari yang masih aktif, akan datang bahkan hingga yang sudah mengakhiri layanannya. Saya juga akan memberitahukan perusahaan penerbit yang membawa game online tersebut. Namun saya hanya akan memberitahukan game online yang dimainkan di PC, baik client maupun browser . Saya tidak membahas game mobile karena materinya terlalu banyak dan cakupannya terlalu luas. Yuk kita lihat daftar publisher , game yang masih ada atau yang sudah menutup layanannya di bawah ini. Altermyth Inspirit Arena: tutup Agate Studio Football Saga 2: tutup SENGOKUIXA: tutup Apple Tree Interactive Eudemons Online: tutup Asiasoft Indonesia AIKA Online: tutup ARGO Online: tutup Alliance of Valiant Arms Online (A.V.A): tutup Brawl Buster: tutup Everplanet:

Penjelasan Poin Status dan Sub-Status

Sering kali RO mania menanyakan status yang bagus untuk karakternya, tetapi belum tentu status yang bagus untuk karakter satu bagus juga untuk yang lain. Karena status juga dipengaruhi oleh equip dan cara bermain.

Download Video YouTube Dengan Add-ons SaveFrom.net Helper

Jika gamers bingung mengenai cara mengunduh video dari YouTube, sekarang sudah ada add-ons dari Mozzila Firefox yang bisa digunakan untuk mengunduh video yang diinginkan lhooo. Walaupun saya biasanya menggunakan KeepVid tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba hal baru. Selain itu, gamers juga bisa menggunakan add-ons tersebut untuk mengunduh video lebih dari 40 situs terkemuka. Add-ons itu bernama SaveFrom.net helper . Selain untuk Mozilla Firefox, add-ons ini juga tersedia untuk browser lain sepeti Google Chrome dan Safari. Gamers bisa melihat cara untuk menggunakan add-ons ini disini .