Langsung ke konten utama

Captain America: TWS - The Official Game

Sebelum sequel film Captain America diluncurkan ke bioskop seluruh dunia pada tanggal 4 April 2014, seperti biasa Gameloft lebih dulu merilis video game resmi berdasarkan film-film blockbuster yang akan muncul di biskop. Kali ini giliran film Captain America: The Winter Soldier - The Official Game yang dirilis untuk perangkat Android dan iOS.

Hal pertama yang harus saya beritahukan adalah di App Store game ini dibandrol seharga USD 2,99 (IDR 35.000) sedangkan di Google Play dapat diunduh secara gratis. Hanya saja untuk produk gratis di Google Play, anda hanya mendapatkan game demo-nya saja. Setelah 3 kali bermain dalam misi maka anda harus melakukan pembelian game versi penuh (full version).

Saya mendapatkan gift code untuk memainkan game ini dari Gameloft untuk perangkat iOS. Sebelum membaca ulasan saya setelah memainkan game versi penuh dari game mobile ini, yuk nonton trailer-nya terlebih dahulu.



Captain America: TWS - The Official Game bercerita tentang petualangan Captain America (tentu saja) dalam melawan berbagai musuh yang menyerang kota. Ada berbagai macam lawan ikonik yang akan dihadapi oleh Captain Amerika antara lain Cobra, Taskmaster, Puff Adder Winter Soldier dan beberapa lainnya.

Captain Amerika tidak bertarung sendirian karena dirinya akan dibantu dengan beberapa agen khusus yang memiliki kemampuan dan persenjataan yang unik seperti Trooper, Sniper, Heavy dan Support. Saya paling suka menggunakan Trooper dan heavy karena daya hancur yang mereka berikan kepada lawan sangat besar, apalagi Heavy karena agen ini dapat meledakkan benda-benda yang ada di sekitar lawan dengan senapan energi.

Masih tentang agen. Peran agen akan snagat menentukan kesuksesan Captain America saat menjalankan misi. Selain memang mereka dibutuhkan untuk menyelesaikan misi tertentu, mereka juga dapat memberikan back-up kepada Captain America ketika dirinya berhadapan dengan banyak lawan sekaligus. Agen juga dapat terluka dan mati, oleh karenanya anda harus selalu waspada dan melindungi agen.



Anda tidak perlu menekan tombol khusus untuk membuat Captain America menyerang lawan karena dirinya akan secara otomatis bertarung dengan lawan yang ada dalam jangkauan. Hal yang perlu anda lakukan adalah mengendalikan gerak Captain America dengan menyentuh lokasi di layar atau menggunakan virtual d-pad yang terdapat di bagian kiri bawah layar.

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah anda dapat mengendalikan agen ikut dalam misi dengan mnggunakan ikon yang terdapat di bagian kanan bawah layar. Setiap agen memiliki ikon khusus yang membedakannya dengan agen lain, misalnya saja ikon Trooper yang ditunjukkan dengan simbol granat atau Sniper dengan simbol target.

Sebagai jagoan utama, Captain America pastilah karakter yang paling kuat. Dirinya dapat melemparkan tameng ke lawan atau lingkungan dengan tanda tertentu dengan cara swipe (usap) lawan atau lingkungan yang ingin dilempar. Anda dapat mengusap lebih dari 1 lawan sekaligus untuk membuat tameng itu menyerang secara beruntun.

Camptain America juga dilengkapi dengan skill khusus tergantung dari kostum yang digunakan dimana kostum awal yang digunakan memungkinkannya untuk mengeluarkan serangan area dengan daya hancur yang sangat kuat. Setiap skill yang digunakan memiliki dlay untuk digunakan kembali sehingga gunakanlah skill itu pada waktu yang tepat.



Sayangnya, saya rasa tanpa menggunakan in-app purchase (IAP) untuk membeli layanan premium, Captain America pada game ini akan terasa seperti prajurit biasa dengan kekuatan yang pas-pasan dan ditemani oleh agen-agen dengan kemampuan yang standar. Sulit untuk mendapatkan bintang 3, apabila anda tidak menggunakan IAP. Mungkin hal ini sama seperti Thor: The Dark World dimana Thor hanya menjadi dewa dengan kekuatan seperti manusia biasa apabila anda tidak memanfaatkan IAP.

Hanya saja secara keluruhan game ini sudah menampilkan pengalaman berpetualang sebagai Captain America yang sangat menakjubkan. Grafis yang ditampilkan pada game ini juga saya rasa merupakan pilihan yang tepat, bukan 3D dengan detail yang nyata, melainkan grafis bergaya kartun. Mengingat grafis bergaya kartun saat ini memang sedang menjadi tren dan disukai oleh gamers, khususnya mobile.

Captain America: TWS - The Official Game: App Store dan Google Play

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Game Online dan Perusahaan Penerbit Game Online PC di Indonesia

Update: 28 Desember 2020 Ada banyak perusahaan penerbit game online di Indonesia saat ini. Setiap perusahaan itupun memiliki lebih dari satu game online. Pada artikel ini saya akan merangkum game online yang ada di Indonesia mulai dari yang masih aktif, akan datang bahkan hingga yang sudah mengakhiri layanannya. Saya juga akan memberitahukan perusahaan penerbit yang membawa game online tersebut. Namun saya hanya akan memberitahukan game online yang dimainkan di PC, baik client maupun browser . Saya tidak membahas game mobile karena materinya terlalu banyak dan cakupannya terlalu luas. Yuk kita lihat daftar publisher , game yang masih ada atau yang sudah menutup layanannya di bawah ini. Altermyth Inspirit Arena: tutup Agate Studio Football Saga 2: tutup SENGOKUIXA: tutup Apple Tree Interactive Eudemons Online: tutup Asiasoft Indonesia AIKA Online: tutup ARGO Online: tutup Alliance of Valiant Arms Online (A.V.A): tutup Brawl Buster: tutup Everplanet:

Penjelasan Poin Status dan Sub-Status

Sering kali RO mania menanyakan status yang bagus untuk karakternya, tetapi belum tentu status yang bagus untuk karakter satu bagus juga untuk yang lain. Karena status juga dipengaruhi oleh equip dan cara bermain.

Download Video YouTube Dengan Add-ons SaveFrom.net Helper

Jika gamers bingung mengenai cara mengunduh video dari YouTube, sekarang sudah ada add-ons dari Mozzila Firefox yang bisa digunakan untuk mengunduh video yang diinginkan lhooo. Walaupun saya biasanya menggunakan KeepVid tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba hal baru. Selain itu, gamers juga bisa menggunakan add-ons tersebut untuk mengunduh video lebih dari 40 situs terkemuka. Add-ons itu bernama SaveFrom.net helper . Selain untuk Mozilla Firefox, add-ons ini juga tersedia untuk browser lain sepeti Google Chrome dan Safari. Gamers bisa melihat cara untuk menggunakan add-ons ini disini .