Langsung ke konten utama

Ngaku Gamer PC? Gunakan AMD


Perdebatan antara gamer PC sering kali terjadi mengenai perangkat yang lebih baik antara Advanced Micro Device (AMD) atau merek lain. Selaku pengamat industri game, saya melihat itu adalah hal yang kurang dewasa mengingat setiap merek memiliki keunggulannya tersendiri.

Hanya saja, sebagai seorang gamer, saya lebih merekomendasikan AMD karena merek tersebut memang terbukti lebih unggul dalam hal kinerja, kecepatan, kualitas grafis dan teknologi yang membuat pengalaman gaming jadi lebih maksimal. Tentu saja saya memikliki alasan mengapa berpendapat seperti itu.


Pertama, AMD memiliki teknologi yang dinamakan TressFX Hair yang memungkinkan penampilan rambut karakter di game bergerak lebih halir dan terpisah. Salah satu game yang sudah memaksimalkan teknologi tersebut adalah Tomb Raider (2014).

Di bawah ini adalah cuplikan video yang memperlihatkan grafis Tomb Raider dengan teknologi TressFX Hair, beserta perbandingannya dengan grafis game yang tidak penggunakan teknologi itu.


TressFX Hair di Tomb Raider

Kedua, mingkin anda mengikuti perkembangan dunia konsol next-gen saat ini yang mana PlayStation 4, Xbox One dan Nintendo Wii U bersaing untuk menjadi konsol dengan game dan jumlah penjualan tertinggi. Namun apakah anda mengetahui, siapakah juara sesungguhnya dari kompetisi itu?

Jawabannya adalah AMD. Kenapa? Alasannya jelas, karena perangkat yang digunakan pasa setiap konsol itu adalah produk AMD sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaku industri konsol saja mempercayakan produk AMD sebagai mesin (Graphic Processing Unit atau GPU) dari konsol-nya, jadi sedah jelas AMD memang diperuntukkan untuk gamer.

Di bawah ini adalah gambarnyang menunjukkan perbandingan spesifikasi dari ketiga konsol tersebut yang saya dapatkan dari laman situs Wii U Turn.


Selain sumber di atas, situs IGN juga mengungkapkan bahwa GPU yang digunakan pada PlayStation 4, Xbox One dan Nintendo Wii U merupakan buatan AMD.

Itulah kedua alasan yang mendasari saya untuk merekomendasikan produk AMD bagi sahabat Master yang ingin membeli atau merakit PC yang diperuntukkan untuk gaming, khususnya untuk anda yang ingin merasakan pengalaman terbaik dalam memainkan game kesayangan yang menampilkan kualitas grafis tinggi.

Terlepas dari teknologi dan kualitas grafis, apabila anda hanya seorang gamer yang memiliki pola pikir "Yang penting bisa main, kualitas grafis tidak menjadi masalah" maka saya hanya dapat mengatakan "Yang penting anda punya PC dengan spesifikasi minimal yang dibutuhkan untuk main. That's all."

Akhir kata, teknologi entertainment masa depan AMD, menambah asyiknya nge-game.

Komentar

  1. Pagi bos, gue mau nanya nih. Kalau AMD dulu gue ngertina perusahaan sendiri yg bersaing dng Intel dlm hal processorna n unggul dlm main game tapi knp AMD harus gabung dengan ATI yg dalam hal ini agak kaku dalm hal tampilan VGA dibanding GForce yg halus dalam tampilan game seberat apapun?

    Nah, yg gue mau tanya juga nih apakah masih bisa nih kalau gue mau combine AMD dengan GForce? Apakah hasilna sama bagusna dengan yg dulu atau sudah gak bisa karena AMD udah "kawin" dengan ATI?

    Tolong dijawab ya bos, soalna itu rasa terkejut saya dari dulu tau dimerger n sangat menyayangkan skali penggabungan ini, krn saya lbh suka AMD n GeForce yg gabung bukannya yang lain.

    Thanks bos

    Aq edi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm...
      1.) Setau ane sih ATI am AMD itu sama gan, lebih tepatnya ATI itu adalah turunan dari amd, lalu sekitar tahun berapa gitu nama ati akhirnnya diakuisisi lagi sebagai amd intinya amd = ati, nama amd kembali dipakai dalam kartu grafis keluaran amd sekitar seri HD6xxx sedangkan untuk yg seri HD5xxx kebawah tetep pake nama ati.

      2.) ane kurang tau tentang teknologi yg menggabungkan antara nvidia (yg agan sebut Gforce) dengan amd, krn setau ane kedua kubu itu punya teknologi sendiri, kalo amd setau ane namannya crossfire dan kalo nvidia itu namannya SLI.

      Intinnya Nvidia dan amd adalah dua kubu yg berbeda sama halnnya seperti amd dan intel, dan amd itu memproduksi baik kartu grafis maupun prosessor untuk, (Nvidia juga ada processornnya tapi segmennya beda krn untuk mobile bukan pc desktop atatu laptop). Sekian yg ane tau gan, maaf kalau ada salah, CMIIW

      Hapus
    2. klo nvidia vs amd bisa... hanya drivernya yg susah bair ke2 nya bisa jalan

      namanya HYBRID CF atau HYBRID SLI..

      ane mw bikin gtuan tapi rasanya kurang berguna.. gk ajdid eh :D

      Hapus
  2. AMD Panas + Boros Listrik,
    mendingan Nvidia Hemat Listrik + Performa bagus + Teknologi Grafisnya banyak dibanding AMD.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue setuju sama lu,
      gue juga pernah ngeliat temen gue make HD 7730, di idle aja panas dapet 60c apa lagi pas mode gaming..

      Hapus
  3. Tenang semua pembaca, sebenarnya AMD itu pencipta teknologi, namun tak mengerti dalam pengimplementasian, contoh Nvidia punya teknologi TXAA, nah AA itu di ciptakan AMD, namun karena gak kepake akhirnya di buang dan di ambil Nvidia lalu di pake ke game exclusive Nvidia, 3Dnow juga di buang, kalo di pake pasti bagus tuh

    BalasHapus
  4. Amd murah. Cuman buat kedepan terasa mahal di listriknya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Game Online dan Perusahaan Penerbit Game Online PC di Indonesia

Update: 28 Desember 2020 Ada banyak perusahaan penerbit game online di Indonesia saat ini. Setiap perusahaan itupun memiliki lebih dari satu game online. Pada artikel ini saya akan merangkum game online yang ada di Indonesia mulai dari yang masih aktif, akan datang bahkan hingga yang sudah mengakhiri layanannya. Saya juga akan memberitahukan perusahaan penerbit yang membawa game online tersebut. Namun saya hanya akan memberitahukan game online yang dimainkan di PC, baik client maupun browser . Saya tidak membahas game mobile karena materinya terlalu banyak dan cakupannya terlalu luas. Yuk kita lihat daftar publisher , game yang masih ada atau yang sudah menutup layanannya di bawah ini. Altermyth Inspirit Arena: tutup Agate Studio Football Saga 2: tutup SENGOKUIXA: tutup Apple Tree Interactive Eudemons Online: tutup Asiasoft Indonesia AIKA Online: tutup ARGO Online: tutup Alliance of Valiant Arms Online (A.V.A): tutup Brawl Buster: tutup Everplanet:

Penjelasan Poin Status dan Sub-Status

Sering kali RO mania menanyakan status yang bagus untuk karakternya, tetapi belum tentu status yang bagus untuk karakter satu bagus juga untuk yang lain. Karena status juga dipengaruhi oleh equip dan cara bermain.

Download Video YouTube Dengan Add-ons SaveFrom.net Helper

Jika gamers bingung mengenai cara mengunduh video dari YouTube, sekarang sudah ada add-ons dari Mozzila Firefox yang bisa digunakan untuk mengunduh video yang diinginkan lhooo. Walaupun saya biasanya menggunakan KeepVid tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba hal baru. Selain itu, gamers juga bisa menggunakan add-ons tersebut untuk mengunduh video lebih dari 40 situs terkemuka. Add-ons itu bernama SaveFrom.net helper . Selain untuk Mozilla Firefox, add-ons ini juga tersedia untuk browser lain sepeti Google Chrome dan Safari. Gamers bisa melihat cara untuk menggunakan add-ons ini disini .