Langsung ke konten utama

Kilasan Kondisi Industri Game Online Indonesia Tahun 2014


Tahun 2014 akan segera berganti, sehingga dalam artikel ini saya dapat mengulas tentang kondisi industri game online Indonesia sepanjang tahun tersebut di mana keadaanya tidak seindah yang terlihat di permukaan.

Materi pertama yang ingin saya sampaikan adalah ragam game online yang diluncurkan pada tahun 2014, mulai Januari hingga Desember. Walaupun, beberapa di antaranya ada juga yang tidak dapat bertahan lama, alias beberapa bulan kemudian setelah resmi diluncurkan, game tersebut ditutup.

Berdasarkan pengamatan saya, terdapat 32 game online telah dirilis di Indonesia sepanjang tahun 2014, antara lain:
  1. Alfheim Tales Online
  2. Anime Saint
  3. Clash of Gods
  4. CosmicBreak
  5. Crazy Shooter
  6. DivoSaga
  7. Dizzel Reload
  8. Fairy Tail Online
  9. Fantasy Saga Online
  10. FIFA Online 3
  11. GetAmped
  12. GetAmped 2
  13. Heroes of Atarsia
  14. Koneko World
  15. Legendary Heroes Online
  16. MapleStory
  17. Mirror War Online
  18. Realm of Heaven
  19. Rise of Magic Online
  20. Rusty Hearts
  21. Sexy Three Kingdoms
  22. Soul Reaper
  23. Soul Slayer
  24. Sword of Angels
  25. Swordsman Online
  26. Tales Hero
  27. Tantra 2
  28. Touch Online
  29. Trinity Online
  30. The Monkey King Online
  31. Weapons of Mythology
  32. Your Saga

Alasan jumlah perilisan game online menurun, menurut pendapat saya adalah karena tren gaming di Indonesia saat ini sudah bergeser ke mobile gaming di mana tren itu lebih mudah, murah dan fleksibel, karena pemain bisa bermain di mana dan kapan saja.

Hal itu ditandai dengan masuknya perusahaan penerbit game mobile luar negeri ke Indonesia seperti Gameloft, Gamevil dan Ucube serta kesadaran perusahaan game Indonesia untuk memulai bisnis mereka ke ranah mobile game antara lain Kreon dengan GemStore, Lyto dengan Lyto Mobi, Winner Interactive dengan Winner Connect, Qeon Interactive dengan QBig Games hingga Megaxus dan Prodigy Infinitech yang masih dalam perencanaan.

Pada blog yang lain, Otaku Optimis Maksimal, saya sudah menulis daftar game online Indonesia yang telah mengakhiri layanannya pada tahun  2014. Jumlahnya tidak tanggung-tanggung, berdasarkan pengamatan saya, terdapat 37 game online yang telah mengakhiri layanannya.

Mereka adalah:
  1. AIKA Online
  2. Battle of the Immortal
  3. Battle of Toys (MicroVolts Reloaded)
  4. Bounty Hounds Online
  5. Brick Force
  6. Canaan Online
  7. Crazy Kart 2
  8. Divine Souls
  9. Dragon & Emperor Online (Duke of Mount Deer)
  10. Dragona Online
  11. Ecol Tactic Online
  12. Eligium
  13. Florensia Online
  14. Giga Slave
  15. Glory Destiny
  16. Gokong Online
  17. Grand Chase
  18. Gulong Online
  19. Happy Camelot
  20. Jade Dynasty
  21. Knight Age
  22. Kungfu Legacy Online (Scarlet Legacy)
  23. Lineage II
  24. Lune of Eden
  25. Mahadewa Online (Grand Epic Online)
  26. Mas Poker
  27. Mercenary Ops Online
  28. Mirror War Online
  29. NinjaKita
  30. Puzzle Kingdom
  31. Ran Returns Online
  32. Rusty Hearts
  33. Skyripper Bahasa
  34. Tantra II
  35. Three Online
  36. Throne of Demons
  37. Trinium Online

Ada beragam alasan dari perusahaan game saat mengakhiri layanan dari game yang diterbitkannya antara lain dikarenakan sepi peminat, kerugian hingga masalah dengan perusahaan pengembang karena tidak mampu mengatasi masalah yang ada di dalam game. Bahkan salah satu perusahaan penerbit game, Digital Eight, secara resmi mengumumkan penghentian operasionalnya tahun ini.

Apabila dilihat dari perbandingan peluncuran game online baru dengan penutupannya, hasilnya sangat tidak menyenangkan. Hanya saja, jangan khawatir dengan kondisi tersebut karena saya mencatat nanti, mungkin di awal 2015, akan ada beberapa game online yang siap untuk dirilis oleh perusahaan penerbit Indonesia.

Game yang akan datang tersebut, yaitu:
  1. Ancient Kingdoms Arena
  2. Impress of Kingdom
  3. Avatar Star Online
  4. Final Combat Online
  5. 3 Legends
  6. Reign of Revolution
  7. Blacklight
  8. Royal Master
  9. Rage of Titans
  10. Kingdom Under Fire II
  11. One Piece Online

Baru ada 11 game online yang saya catat akan hadir di Indonesia pad atahun mendatang. Sayangnya, saya tidak dapat memastikan apakah game tersebut benar-benar akan dirilis, walaupun beberapa di antaranya telah menjalankan tahap closed beta test (CBT).

Alasannya saya menulis seperti itu dikarena sering terjadi kasus yang mana perusahaan penerbit game online secara diam-diam membatalkan peluncuran game online yang telah diumukan, tanpa memberitahu pihak media, maupun pemberitahuan di situs atau jejaring sosialnya.

Itulah kilasan tentang kondisi industri game online Indonesia yang dapat saya sampaikan kepada anda melalui artikel singkat ini.

Sampai jumpa pada artikel menarik lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Game Online dan Perusahaan Penerbit Game Online PC di Indonesia

Update: 28 Desember 2020 Ada banyak perusahaan penerbit game online di Indonesia saat ini. Setiap perusahaan itupun memiliki lebih dari satu game online. Pada artikel ini saya akan merangkum game online yang ada di Indonesia mulai dari yang masih aktif, akan datang bahkan hingga yang sudah mengakhiri layanannya. Saya juga akan memberitahukan perusahaan penerbit yang membawa game online tersebut. Namun saya hanya akan memberitahukan game online yang dimainkan di PC, baik client maupun browser . Saya tidak membahas game mobile karena materinya terlalu banyak dan cakupannya terlalu luas. Yuk kita lihat daftar publisher , game yang masih ada atau yang sudah menutup layanannya di bawah ini. Altermyth Inspirit Arena: tutup Agate Studio Football Saga 2: tutup SENGOKUIXA: tutup Apple Tree Interactive Eudemons Online: tutup Asiasoft Indonesia AIKA Online: tutup ARGO Online: tutup Alliance of Valiant Arms Online (A.V.A): tutup Brawl Buster: tutup Everplanet:

Penjelasan Poin Status dan Sub-Status

Sering kali RO mania menanyakan status yang bagus untuk karakternya, tetapi belum tentu status yang bagus untuk karakter satu bagus juga untuk yang lain. Karena status juga dipengaruhi oleh equip dan cara bermain.

Download Video YouTube Dengan Add-ons SaveFrom.net Helper

Jika gamers bingung mengenai cara mengunduh video dari YouTube, sekarang sudah ada add-ons dari Mozzila Firefox yang bisa digunakan untuk mengunduh video yang diinginkan lhooo. Walaupun saya biasanya menggunakan KeepVid tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba hal baru. Selain itu, gamers juga bisa menggunakan add-ons tersebut untuk mengunduh video lebih dari 40 situs terkemuka. Add-ons itu bernama SaveFrom.net helper . Selain untuk Mozilla Firefox, add-ons ini juga tersedia untuk browser lain sepeti Google Chrome dan Safari. Gamers bisa melihat cara untuk menggunakan add-ons ini disini .