Langsung ke konten utama

Pesan Moral dari Anime Shirobako, Inilah Cara Untuk Mendapatkan Inspirasi

29 Desember 2014
Penulis: Fakry Naras Wahidi

Kreativitas merupakan senjata utama bagi orang yang berkarir dalam industri kreatif yang mana ide menjadi bahan bakar untuk bisa menghidupkan kreativitas itu, sedangkan ide yang berkualitas bisa didapatkan apabila pikiran dalam keadaan segar.

Sayangnya, ide dan pikiran yang segar itu tidak selamanya muncul apabila diperlukan. Terkadang, orang juga bisa merasa buntu sama sekali, alias nge-blank ketika diminta untuk memberikan gagasan kreatifnya.

Hal yang memungkinkan seseorang jadi seperti itu, berdasarkan pendapat saya di atas adalah karena pikiran yang tidak segar atau sebut saja sudah lelah. Hal itu bisa terjadi karena beberapa faktor antara lain pekerjaan yang monotone, terlalu banyak pikiran, kurang instirahat atau ketatnya peraturan, musuh terbesar kreativitas.

Setiap orang memiliki kreativitas sendiri, namun beberapa di antaranya diberkati oleh kreativitas yang lebih hardcore walaupun ada kalanya mereka juga bisa kehabisan ide akibat beberapa alasan yang saya sebutkan itu.

 Ide bisa datang dari orang lain, atau hadir setelah mendapatkan inspirasi.

Inspirasi dari anime Shirobako

Untuk bisa mendapatkan ide dan inspirasi, saya memiliki beberapa tips untuk anda yang biasa saya gunakan dan hal itu juga ditayangkan dalam anime Shirobako episode 8.

Ketika itu, Yasuhara Ema, animator, tidak memiliki ide dengan apa yang ia kerjakan yakni membuat gambar kucing. Lalu ada teman sekantornya datang, Erika Yano, asisten produksi, dan mengajaknya jalan-jalan di taman agar ia bisa menyegarkan pikiran sekaligus mencari inspirasi.

Yasuhara Ema, animator

"Daripada menghabiskan waktu berjam-jam tapi tidak menghasilkan apa-apa, sebaiknya istirahat sejenak. Jalan-jalan, lihat keindahan lingkungan sekitar untuk menyegarkan pikiran. Setelah itu baru kembali lagi bekerja," kira-kira itu yang diucapkan Yano.

Untuk lebih memahami pesan tersebut, silahkan anda saksikan anime Shirobako.

Ketika anda sudah merasa segar dan menapatkan inspirasi untuk pekerjaan yang dilakukan, maka kembalilah untuk menuntaskan apa yang sudah dimulai.

Segarkan pikiran dengan power nap

Solusi lain yang bisa anda gunakaj adalah tidur siang sejenak antara 10 sampai 20 menit, disebut juga dengan power nap, dapat dilakukan di meja dan kursi kerja anda atau apabila memungkinkan di matras (jika tempat kerja menyediakannya).

Tetap keren walau sedang tidur

Menurut penelitian dari beberapa peneliti di Amerika tentang power nap, setelah orang melakukan power nap mana konsentrasi, daya ingat, tenaga dan produktivitasnya akan meningkat.

"Sleep is for the weak" adalah istilah yang kurang tepat, karena dengan tidur yang benar akan menyegarkan pikiran, mengembalikan energi, meningkatkan produktivitas dan pada akhirnya meningkatkan kreativitas anda.

-***-

Itulah yang dapat saya sampaikan kepada anda sebagai solusi untuk tetap kreatif dan memulihkan kreativitas anda.

"Inspirasi dan ide bisa datang dari mana saja, termasuk dari anime."

Apabila anda memiliki solusi yang lebih jitu dan ingin berbagi kepada saya, khususnya pembaca, silahkanmtinggalkan saran anda di kolom komentar.

Jika lelah, jangan ragu untuk istirahat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Game Online dan Perusahaan Penerbit Game Online PC di Indonesia

Update: 28 Desember 2020 Ada banyak perusahaan penerbit game online di Indonesia saat ini. Setiap perusahaan itupun memiliki lebih dari satu game online. Pada artikel ini saya akan merangkum game online yang ada di Indonesia mulai dari yang masih aktif, akan datang bahkan hingga yang sudah mengakhiri layanannya. Saya juga akan memberitahukan perusahaan penerbit yang membawa game online tersebut. Namun saya hanya akan memberitahukan game online yang dimainkan di PC, baik client maupun browser . Saya tidak membahas game mobile karena materinya terlalu banyak dan cakupannya terlalu luas. Yuk kita lihat daftar publisher , game yang masih ada atau yang sudah menutup layanannya di bawah ini. Altermyth Inspirit Arena: tutup Agate Studio Football Saga 2: tutup SENGOKUIXA: tutup Apple Tree Interactive Eudemons Online: tutup Asiasoft Indonesia AIKA Online: tutup ARGO Online: tutup Alliance of Valiant Arms Online (A.V.A): tutup Brawl Buster: tutup Everplanet:

Penjelasan Poin Status dan Sub-Status

Sering kali RO mania menanyakan status yang bagus untuk karakternya, tetapi belum tentu status yang bagus untuk karakter satu bagus juga untuk yang lain. Karena status juga dipengaruhi oleh equip dan cara bermain.

Download Video YouTube Dengan Add-ons SaveFrom.net Helper

Jika gamers bingung mengenai cara mengunduh video dari YouTube, sekarang sudah ada add-ons dari Mozzila Firefox yang bisa digunakan untuk mengunduh video yang diinginkan lhooo. Walaupun saya biasanya menggunakan KeepVid tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba hal baru. Selain itu, gamers juga bisa menggunakan add-ons tersebut untuk mengunduh video lebih dari 40 situs terkemuka. Add-ons itu bernama SaveFrom.net helper . Selain untuk Mozilla Firefox, add-ons ini juga tersedia untuk browser lain sepeti Google Chrome dan Safari. Gamers bisa melihat cara untuk menggunakan add-ons ini disini .