Langsung ke konten utama

Solusi dan Cara Redeem Google Play Gift Card (USD) di Google Play Indonesia

Google Play Gift Card

Google Play Indonesia ini aneh juga. Pengguna hanya bisa belanja dengan menggunakan kartu kredit, berbeda dengan Google Play Amerika yang bisa diisi dengan menggunakan Google Play Gift Card. Seakan-akan nggak niat banget bukan cabang di Indonesia.

Saya memaklumi keputusan yang diambil oleh Google di Indonesia, namun tidak ada salahnya juga donk kalau ke depannya itu Google Play Indonesia juga menyediakan layanan Google Play Gift Card bagi pada penggunanya. Mengingat banyak juga pengguna yang tidak memiliki kartu kreadit (seperti saya) tapi ingin belanja di Google Play.

Walaupun Google Play Gift Card hanya tersedia untuk Google Play Amerika. Namun ada cara untuk bisa menggunakan gift card tersebut untuk Google Play Indonesia. Pertama-tama, anda harus melakukan pengaturan terhadap akun Google Wallet dulu.

1. Pengaturan Google Wallet

Masuk ke halaman Google Wallet di sini.

Daftarkan akun anda untuk wilayah Amerika atau United States (US). Masukkan nama dan kode pos Amerika (10800). Kemudian pilih Add a payment method later.

Pilih Add payment method later

Apabila sudah masuk, cari simbol pengaturan (Setting). Letaknya pada bagian kanan atas di antar muka.

Pengaturan, cari simbol ini

Setelah itu masuk ke pilihan Edit di kolom Home address untuk memasukkan data alamat anda. Pada tahap ini, anda bisa mengarang sendiri alamatnya, yang penting diisi saja atau bisa juga mengikuti pengaturan saya.

Pilih Edit di kolom Home address

Nah, nomor teleponnya bisa menggunakan kode lokasi dan nomor telepon Indonesia. Tapi, asal juga bisa, yang penting seluruh datanya sudah terisi dan jangan lupa, kode pos (Zip code) harus Amerika yakni 10800.

Masukkan data alamat, ikuti saja

Langkah terakhir adalah pilih Save. Jika proses berhasil, maka proses pengaturan Google Wallet selesai dan anda sudah bisa me-redeem Google Play Gift Card ke akun Google Play Indonesia. Namun tentu saja, anda jadi belanja dalam mata uang USD.

Nanti Google akan konversi kredit atau mata uang anda secara otomatis ketika anda belanja.

Mudah kan?

2. Cara redeem gift card

Pastikan pengaturan Google Wallet anda sudah sukses.

Setelah itu masuk ke Google Play di sini.

Melalui browser maupun gadget Android anda, terserah. Kemudian pilih Redeem atau jika anda menggunakan Bahasa Indonesia, namanya jadi Tukarkan.

Pilih redeem

Akan muncul pop-up yang meminta anda untuk memasukkan 20 digit kode dari Google Play Gift Card. Pastikan kode yang ingin dimasukkan belum pernah digunakan sebelumnya.

Masukkan (20 digit) kode gift card

Jika kode belum pernah digunakan, maka anda akan  masuk ke tahap selanjutnya aitu konfirmasi akun/e-mail yang ingin diisi kredit. Pastikan anda tidak salah isi. Langkah terakhir adalah klik Confirm (konfirmasi), dan tadaaa... kredit pada akun Google Play anda sudah terisi.

Konfirmasi akun

Apabila anda memiliki kredit (Google Play balance), maka tampilannya akan seperti tangkapan layar di bawah ini.

Jumlah kredit

Pada tangkapan layar di atas, saya sedang belanja 305 MobaCoins untuk game Flutter seharga USD 2.99. Namun ketika bayar, mungkin dihitung pajak beberapa persen sehingga harga atau nominalnya jadi USD 3.11, lebih besar.

Mungkin pajaknya 5%.

-***-

Demikianlah penjelasan yang ingin saya beritahukan kepada anda untuk me-redeem Google Play Gift Card ke Google Play Indonesia.

Dengan cara ini, anda bisa redeem gift card sepuasnya dan membeli aplikasi, game hingga item premium di dalam game favorit anda.

Komentar

  1. Kode 20 digit dri google play gift itu yg mn?

    BalasHapus
  2. Saya sempat beli google play code dengan valuta USA,namun tidak bisa saya gunakan disini,saya orang indonesia. Saya juga sudah coba akses google wallet lewat hp tp tidak bisa,bagaimana solusi utk mendapatkan google play tersebut?

    BalasHapus
  3. Terimakasih ini sangat membantu permasalahan saya.

    BalasHapus
  4. Sekarang lebih banyak pilihan untuk top up google play. Bahkan bisa pakai gopay juga, belakangan udah ga bingung untuk jajan di playstore. Yuk ngeblog lagi yuk master, entah kenapa sejak bulan lalu kepala dipenuhi bisikan 'nulis lagi yuk'

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Game Online dan Perusahaan Penerbit Game Online PC di Indonesia

Update: 28 Desember 2020 Ada banyak perusahaan penerbit game online di Indonesia saat ini. Setiap perusahaan itupun memiliki lebih dari satu game online. Pada artikel ini saya akan merangkum game online yang ada di Indonesia mulai dari yang masih aktif, akan datang bahkan hingga yang sudah mengakhiri layanannya. Saya juga akan memberitahukan perusahaan penerbit yang membawa game online tersebut. Namun saya hanya akan memberitahukan game online yang dimainkan di PC, baik client maupun browser . Saya tidak membahas game mobile karena materinya terlalu banyak dan cakupannya terlalu luas. Yuk kita lihat daftar publisher , game yang masih ada atau yang sudah menutup layanannya di bawah ini. Altermyth Inspirit Arena: tutup Agate Studio Football Saga 2: tutup SENGOKUIXA: tutup Apple Tree Interactive Eudemons Online: tutup Asiasoft Indonesia AIKA Online: tutup ARGO Online: tutup Alliance of Valiant Arms Online (A.V.A): tutup Brawl Buster: tutup Everplanet:

Penjelasan Poin Status dan Sub-Status

Sering kali RO mania menanyakan status yang bagus untuk karakternya, tetapi belum tentu status yang bagus untuk karakter satu bagus juga untuk yang lain. Karena status juga dipengaruhi oleh equip dan cara bermain.

Download Video YouTube Dengan Add-ons SaveFrom.net Helper

Jika gamers bingung mengenai cara mengunduh video dari YouTube, sekarang sudah ada add-ons dari Mozzila Firefox yang bisa digunakan untuk mengunduh video yang diinginkan lhooo. Walaupun saya biasanya menggunakan KeepVid tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba hal baru. Selain itu, gamers juga bisa menggunakan add-ons tersebut untuk mengunduh video lebih dari 40 situs terkemuka. Add-ons itu bernama SaveFrom.net helper . Selain untuk Mozilla Firefox, add-ons ini juga tersedia untuk browser lain sepeti Google Chrome dan Safari. Gamers bisa melihat cara untuk menggunakan add-ons ini disini .