Langsung ke konten utama

Full Support Priest Build - Ragnarok Online 2 Indonesia

Ragnarok Online 2 akan menunjukkan banyak talenta tersembunyi dari setiap kelas dan profesi yang diambil oleh karakter. Akan ada banyak build (tipe) yang bisa gamers kreasikan dalam memainkan karakter di game ini. Apabila di Ragnarok Online saya lebih tertarik untuk membuat karakter Tanker dengan kemampuan menyerang yang cukup besar, namun pada Ragnarok Online 2 saya akan mencoba untuk menjadi karakter full suppoert.

Salah satu karakter yang akan saya buat di game ini adalah Priest dengan profesi Alchemist. Saya tertarik untuk membuat Priest karena kelas tersebut banyak dicari oleh setiap grup yang akan masuk ke dungeon, khususnya raid-dungeon. Berikut ini adalah rencana build yang akan saya buat untuk Priest yang akan saya mainkan.

#Ful Support Priest Build
Bonus Status Acolyte Priest
Agi 32
Int 35
Vit 31

-- atau ---

Agi 20
Int 51
Vit 15

-- atau ---

Agi 30
Int 40
Vit 26
Aqua Benedicta 1
Aspersio 3
Blessing 5
Heal 5
Highness Heal 5
Holy Light 1
Increase Agility 1
Meditation 1
Renovatio 3
Ressurection 1
Angelus 3
Assumptio 5
Coluseo Heal 1
Gloria 3
Recovery 1
Sacrament 5
Sanctuary 3
Suffragium 5
Karakter Priest tipe ini akan memaksimalkan skill penyembuh yang dimilikinya. Dengan menjadi seorang full support Priest, gamers bisa lebih fokus untuk melindungi anggota grup dari kerusakan yang disebabkan oleh lawan.


Saya akan menjabarkan alasan mengapa full support Priest build saya mengambil skill seperti di atas. Tidak lucu donk jika ambil skill asal-asalan tanpa ada sebab dan tujuannya.

Aqua Benedicta 1

Level maksimal 1, berfungsi sebagai syarat penggunaan skill. Tentu saja harus diambil.

Aspersio 3
Level maksimal 3, berfungsi untuk meningkatkan efek skill lain. Membutuhkan 1 Holly Water. Semakin ebsar level yang diambil, maka semakin besar juga efek tambahan yang dihasilkan (Holy Light, Heal, Resurrection, Judex, Highness Heal, Sanctuary, Magnus Exorcismus dan Ray of Genesis).

Blessing 5
Level maksimal 5, berfungsi untuk meningkatkan MaxHP diri sendiri dan anggota grup. Naikkan hingga level maksimal.

Heal 5
Level maksimal 5, berfungsi untuk menyembuhkan HP target. Casting time 1 detik. Bagaimana menjadi tipe support jika tidak memiliki skill penting ini. Naikkan hingga level maksimal juga.

Highness Heal 5
Level maksimal 5, berfungsi menyembuhkan HP target dan 2 karakter lain di sekitarnya. Casting time instan (langsung). Skill ini lebih bagus daripada Heal biasa. Wajib dinaikkan hingga level maksimal.

Holy Light 1
Level maksimal 1, berfungsi untuk menyerang lawan. Dari awal sudah level 1, jadi abaikan saja skill ini. Lumayan deh, skill yang cukup berguna untuk iseng-iseng argo monster.

Increase Agility 1
Level maksimal 5, meningkatkan kecepatan gerak diri sendiri dan anggota grup sebesar 40%. Saya hanya mengambil level 1 saja, karena perbedaan antara level hanya 1 detik lebih besar.

Meditation 1
Level maksimal 5, berfungsi meningkatkan efek dari skill Heal sebagai serangan kritikal sebesar 95%. Karena saya tidak ingin menjadi karakter penyerang, jadi abaikan saja skill ini. Cukup ambil level 1 saja sebagai syarat skill.

Renovatio 3
Level maksimal 3, berfungsi untuk menyembuhkan HP target secara periodik (2 detik) selama 12 detik. Naikkan hingga level maksimal, supaya gamers tidak harus nge-Heal anggota grup setiap saat. Lumayan bantu-bantu recovery HP.

Resurrection 1
Lavel maksimal 3, berfungsi untuk membangkitkan karakekter lain yang mati. Delay skill ini sangat lama (level 1 delay 50 menit, level 2 delay 40 menit, level 3 delay 30 menit), ambil level 1 saja. Lebih baik menggunakan item seperti Yggdrasil Leaf atau yang sejenisnya itu, delay-nya lebih manusiawi.

Angelus 3
Level maksimal 5, berfungsi meningkatkan defense dan serangan diri sendiri dan anggota grup. Peningkatan efek skill pada setiap level lumayan banyak, jadi saya memutuskan untuk mengambil level 3.

Assumptio 5
Level maksimal 5, berfungsi untuk mengurangi serangan yang diterima oleh target. Pada level 5, skill ini akan mengurangi serangan lawan hingga 40%. Maksimalkan level skill ini.

Coluseo Heal 1
Level maksimal 5, berdungsi untuk mengembalikan HP target secara instan. Perbedaan setiap level hanay di delay-nya saja, sehingga saya memutuskan untuk mengambil level 1 saja.

Gloria 3
Level maksimal 3, berfungsi untuk menggunakan kembali skill Holy Light atau Heal secara otomatis dengan kemungkinan yang cukup besar setelah menggunakan skill tersebut. Ini adalah skill pasif. Dengan kata lain, apabila skill ini aktif, kemungkinan gamers akan menggunakan skill Holy Light atau Heal sebanyak 2 kali secara berturut-turut.

Recovery 1
Level maksimal 5, menghilangkan debuff (efek jelek) yang dimiliki oleh 1 anggota grup dalam area tertentu. Sepertinya jarang ada efek skill jelek, sekalinya ada pun hanya 1 atau 2 saja. Apalagi delay skill hanya 10 detik. Sehingga saya memutuskan untuk mengambil level 1 untuk skill ini.

Sacrament 5
Level maksimal 5, berfungsi untuk meningkatkan efek Heal tetapi menurunkan serangan diri sendiri. Tidak ada masalah donk, saya kan ingin membuat karakter support sehingga tidak perlu menghasilkan serangan besar kepada lawan.

Sanctuary 3
Level maksimal 5, menyembuhkan target pada area 10m. Skill ini akan membatu gamers untuk menyembuhkan banyak anggota grup dalam waktu yang telah ditentukan.

Suffragium 5
Level maksimal 5, berfungsi untuk mengurangi casting time dengan presentase yang cukup besar. Agar proses Heal dan memberikan 'paket' kepada angota grup berjalan leih lancar dan cepat, maksimalkan level dari skill ini.

***

Dalam membuat karakter tipe full support seperti ini, dibutuhkan kesabaran ekstra dalam mencari grup atau karakter pernyerang. Namun, semuanya itu akan sulit pada awalnya saja, sedangkan ketika karkater sudah level tinggi, akan ada banyak grup dan karakter yang meminta karkater tipe ini untuk bergabung.

Apalagi jika karakter gamers itu memiliki reputasi yang tinggi, seperti jika gamers mampu membawa seluruh anggota grup dengan selamat (tanpa mati) di dungeon atau raid-dungeon maka karakter gamers akan menjadi favorit untuk diajak bergabung ke dalam grup mana pun.

See you in-game ^o^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Game Online dan Perusahaan Penerbit Game Online PC di Indonesia

Update: 28 Desember 2020 Ada banyak perusahaan penerbit game online di Indonesia saat ini. Setiap perusahaan itupun memiliki lebih dari satu game online. Pada artikel ini saya akan merangkum game online yang ada di Indonesia mulai dari yang masih aktif, akan datang bahkan hingga yang sudah mengakhiri layanannya. Saya juga akan memberitahukan perusahaan penerbit yang membawa game online tersebut. Namun saya hanya akan memberitahukan game online yang dimainkan di PC, baik client maupun browser . Saya tidak membahas game mobile karena materinya terlalu banyak dan cakupannya terlalu luas. Yuk kita lihat daftar publisher , game yang masih ada atau yang sudah menutup layanannya di bawah ini. Altermyth Inspirit Arena: tutup Agate Studio Football Saga 2: tutup SENGOKUIXA: tutup Apple Tree Interactive Eudemons Online: tutup Asiasoft Indonesia AIKA Online: tutup ARGO Online: tutup Alliance of Valiant Arms Online (A.V.A): tutup Brawl Buster: tutup Everplanet:

Penjelasan Poin Status dan Sub-Status

Sering kali RO mania menanyakan status yang bagus untuk karakternya, tetapi belum tentu status yang bagus untuk karakter satu bagus juga untuk yang lain. Karena status juga dipengaruhi oleh equip dan cara bermain.

Download Video YouTube Dengan Add-ons SaveFrom.net Helper

Jika gamers bingung mengenai cara mengunduh video dari YouTube, sekarang sudah ada add-ons dari Mozzila Firefox yang bisa digunakan untuk mengunduh video yang diinginkan lhooo. Walaupun saya biasanya menggunakan KeepVid tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba hal baru. Selain itu, gamers juga bisa menggunakan add-ons tersebut untuk mengunduh video lebih dari 40 situs terkemuka. Add-ons itu bernama SaveFrom.net helper . Selain untuk Mozilla Firefox, add-ons ini juga tersedia untuk browser lain sepeti Google Chrome dan Safari. Gamers bisa melihat cara untuk menggunakan add-ons ini disini .